Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur

  • Tenny Yuliawaty
  • Priyanto Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 63 , Full Text downloads: 30
Keywords: Kata Kunci: Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelayanan Publik

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu lembaga pemerintahan. Peran strategis SDM
dalam organisasi bisnis dapat dielaborasi dari segi teori sumber daya, di mana fungsi Lembaga pemerintahan
adalah mengerahkan seluruh sumber daya atau kemampuan internal untuk menghadapi kepentingan
pekerjhaan sebagai faktor eksternal utama. Pelayanan kepada masyarakat menjadi domain pemerintah, baik
pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota lewat berbagai kantor pelayanan yang telah disiapka. Pelayanan
saat ini pembutuhkan sentuhan yang berbeda dengan paradikma pelayanan yang lama. Berdasarkan jenis
penelitiannya, penulis memilih menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, yang menjadi
fokus kajian penelitian yang pertama adalah Analisis Sumberdaya Manusia dalam meningatkan pelayanan
masyarakat di Sekretariat Daerah Provisni Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan kepada pimpinan sesuai dengan pengamatan lapangan dan hasil Analisa menggambarkn bahwa

kepuasan Masyarakat sangat baik dan baik dari kualitas pelayanan yang di berikan. Kualitas pelayanan rata-
rata baik dan hanya tarif pelayanan yang sangat baik. Pelayanan transportasi pada biro umum setda jawa timur

menempatkan unsur pelayanan “biaya/tarif” denga kualitas pelayanan sangat baik. Pelayanan pemeliharaan
dan sarana prasarana pada biro umum setda jawa timur menempatkan unsur pelayanan “biaya/tarif” denga
kualitas pelayanan sangat baik. Pelayanan surat menyurat pada biro umum setda jawa timur menempatkan
unsur pelayanan “biaya/tarif” dengan kualitas pelayanan sangat baik. Serta pelayanan tamu pada biro umum
setda jawa timur menempatkan unsur pelayanan “biaya/tarif” denga kualitas pelayanan sangat baik.

References

Anggara, S. (2018). Pengantar Kebijakan Publik.
CV Pustaka Setia.
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis
Kebijakan Publik. UGM Press.
Miles, M. ., & Huberman, A. . (1992). Analisis
Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang
Metode-metode Baru (P. T. . Rohidi (ed.)).
Universitas Indonesia.
Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik Dan
Pelayanan Publik : Konsep Dan Aplikasi
Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis
Bukti Untuk Pelayanan Publik. Alfabeta.
Subarsono, A. (2013). ANALISIS KEBIJAKAN
PUBLIK Konsep Teori dan Aplikasi.
Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahab, S. A. (2012). ANALISIS KEBIJAKAN

Dari Formulasi ke Penyusunan Model-
Model Implementasi Kebijakan Publik (F.

Hutari (ed.)). Bumi Aksara.
Winarno, B. (2002). Teori dan Proses Kebijakan
Publik. Media Prasindo.
Winarno, B. (2007). Kebijakan Publik: Teori dan
Proses. Media Prasindo
Jurnal:
Amanda, P. I. (2020). Kebijakan Publik (Teori,
Analisis, Implementasi Dan Evaluasi
Kebijakan). TheJournalish: Social and
Government, 1(1), 34–38.
http://thejournalish.com/ojs/index.php/the
journalish/article/view/.

Hafni, R., Sinulingga, N. S. B., & Hasibuan, L.
S. (2021). Analisis Evaluasi Kebijakan
Bantuan Langsung tunai dana desa pada
ketahanan pangan di era pandemi (studi
kasus Desa Simpang Empat, Kec. Simpang
Empat, Kab. Asahan, Prov. Sumatera
Utara). Proceding Seminar Nasional
Kewirausahaan, 2(1), 103–111.
HANDAYANI, F. (2022). Implementasi
Kebijakan Aplikasi Sipolima Pada Dinas
Kominfo Kota Baubau Dalam
Meningkatkan Kinerja Asn Ditengah
Pandemi Covid-19. Doctoral Dissertation,
INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM
NEGERI, 12, 12.
Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik
di Indonesia Dalam Perspektif
Administrasi Publik. Otoritas : Jurnal Ilmu
Pemerintahan, 1(2), 81–90.
https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22
Mais, R., Liando, D., & Pangemanan, F. (2019).
Evaluasi Kebijakan Pelaksanaan Reward
dan Punishment Aparatur Sipil Negara di
Kota Bitung Ririn. Jurnal Jurusan Ilmu
Pemerintahan, 3(3), 1–9.
https://media.neliti.com/media/publicatio

ns/103420-ID-pengaruh aksesorisdan-
elemen-pembentuk.pdf

Mananeke, T. D. W., Rares, J. J., &
Tampongangoy, D. (2019). Pengaruh
Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas
Pelayanan Di Puskesmas Kecamatan
Lembeh Utara Kota Bitung. Jurnal
Administrasi Publik, 5(78), 1–15.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JA
P/article/viewFile/23821/23471
Mutia, I. F. (2017). Analis Kebijakan Publik
(Issue April).
Published
2023-12-06
How to Cite
Yuliawaty, T., & Priyanto. (2023). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 437-446. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7412

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>