PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA , LOKASI , DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOBER (KELOMPOK BERMAIN) MIE SETAN DI SURABAYA

  • Erdo Nor Yaqya Universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Veronika Nugraheni Sri Lestari Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 186 , PDF Journal downloads: 184
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Abstract

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)      

   Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang secara kebetulan melakukan pembelian pada Kober Mie Setan di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kebetulan dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda.

   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk , harga , lokasi dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kober Mie Setan di Surabaya , dibuktikan dengan nilai signifikasi 0,000 ≤ 0,05 dan (2) hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa variabel lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan sedangka variabel kualitas produk, harga, dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kober Mie Setan di Surabaya , dibuktikan dari variabel lokasi yang tidak berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi 0,383 > 0,05, variabel kualitas produk yang berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 ≤ 0,05 , variabel Harga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi sebesar  0,002 ≤ 0,05. Dan media sosial berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi sebesar  0,014 ≤ 0,05.

References

Agnes L. P. W. ,Lisbeth M ,Jantje S. 2014 . “Pengaruh Kualitas Produk ,Harga , Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa” ,Jurnal EMBA , Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1737-1749 , ISSN 2303-1174

Fathoni A. 2016 . “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Tingkat Penjualan Usaha Jasa Mikro Di Kabupaten Lamongan”. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen Volume I No.01, Februari 2016 ISSN : 2502-3780

Fiani S. Margaretha dan Japarianto, S.E., M.M. Edwin. 2012. ”Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No.1.

Gain R. , Herdinata C., &Sienatra K. B. 2017 . “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 2, Juni 2017

Jackson R.S. Weenas,2013 .”Kualitas Produk , Harga ,Promosi dan kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta” Jurnal EMBA 607 Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 607-618 , ISSN 2303-1174

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall. Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga. Maholtra, N. K. 2010. Riset Pemasaran. Jakarta: Indeks

Maramis F.S ,Sepang J.L ., Soegoto A.S., 2018. “Pengaruh Kualitas Produk , Harga

, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado . Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1658 – 1667 , ISSN 2303-1174

Sarini K.,2013. “Harga ,Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”,Jurnal EMBA 1251 Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 1251-1259, ISSN 2303-1174

Schiffman, L., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior. New. Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sekaran, U. 2013. Research Methods for Business. United Kingdom: Jhon Wiley & Sons Ltd.

Setyo P. E. 2017 .”Pengaaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 6, Februari 2017: 755 - 764

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & D (Mix Methode). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 2012. Manajemem Pemasaran dan Jasa. Jakarta: Erlangga.

Utami, N. D., & Oetomo, H. W. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 4, Nomor 5

Wijaya, C. V. 2017. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy”, Jurnal Agora, Vol. 5, No. 1

Published
2023-03-13
Section
Articles