STUDI MENGENAI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA WEDDING AND EVENT ORGANIZER (Studi kasus di Master Winner Wedding and Event Organizer di Surabaya)

  • Faizal Amri Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 186 , PDF Journal downloads: 276
Keywords: Harga, Promosi, Reputasi Perusahaan, Kualitas Layanan, Penggunaan Layanan Keputusan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen Master Winner Wedding dan Event Organizer yang pernah
menggunakan jasa Master Winner. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode sampel jenuh dengan jumlah sampel 35 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh secara parsial dengan tingkat
signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa terbukti dengan tingkat
signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), (2) Promosi tidak berpengaruh
secara parsial dengan tingkat signifikan keputusan. penggunaan jasa dibuktikan
dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,140>0,05), (3) Reputasi
perusahaan berpengaruh secara parsial dengan tingkat signifikan keputusan
penggunaan jasa dibuktikan dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05
(0,041<0,05), (4) Kualitas Layanan berpengaruh secara parsial dengan tingkat
signifikan keputusan penggunaan layanan terbukti dengan tingkat signifikan lebih
kecil dari 0,05 (0,028 < 0,05), (5) Harga, Promosi, Reputasi Perusahaan dan
Kualitas Layanan secara simultan. berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pelanggan dibuktikan dengan (0,000 < 0,05), dan (6) Harga (X_1)
berpengaruh dominan terhadap keputusan pelanggan (Y) karena memiliki nilai t
yang lebih besar dibandingkan variabel lainnya yaitu 10.976.

References

Aaker, DA. 1995. Strategic Market Management Edisi Keempat. New York: John Wiley dan Sons, Inc.

Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Communications Orchestra. Bandung: Examedia Publishing.

Alma, Bukhari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Cetakan ke10.Bandung,Indonesia:Alfabeta

Anak Agung Gede Putu Widanaputra, dkk. 2018 Reptasi Perusahaan, Reputasi

Manajemen Puncak, Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibiity. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, Vol 13, No. 2, Juli 2018.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Barnes, James G. 2003. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan.

Basya Muslim dan Sati Irnulan. 2006. Tantangan Indonesia Baru : strategi dan aktivitas public relation. Jakarta : BPP Perhumas

Brown, T.J., Peter, A.D., Pratt, M.G., Whetten, D.A. 2006. Identify, Intended Image, Construed Image and Reputation: An Interdisciplinary Frame work and Suggested Terminology. Journal of the Academy Marketing Science, 34 (2) : pp : 99 - 106.

Budiarto, T. dan F. Tjiptono.1997, Pemasaran Internasional.Yogyakarta : BPFE.

dan Strategi Pemasaran. Edisi ke empat. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Didih Suryadi. (2006). Promosi Efektif.Yogyakarta: Tugu Publisher

Dolphin, R. 2004. Corporate Reputation A Value Creating Strategy. Corporate Governance International Journal of Business in Society, 4 (3) : pp : 77 - 92.

Engel, James F, et al. (1990) Customer Behavior. Diterjemahkan oleh: F X Budiyanto.

Perilaku Konsumen, Jilid II. Binarupa Aksara, Jakarta.

Ferdinan Fajri, D. A., Arifin, Z., & Wilopo. (2013). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan menabung (survei pada nasabah bank muamalat cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 1-10.d, Augusty, 2006, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Thesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, BP UNDIP, Semarang.

Fombrun, C.J. (1996) Reputation: Realizing Value from the Corporate Image. Harvard Business School Press, Harvard.

Fredy Rangkuti. 2003. Measuring Costumer Satisfaction. PT. Elex Media Computindo Gasperz, Vincent. 1999. Ekonomi Manajerial Pembuatan Keputusan Bisnis. Jakarta : PT

Gramedia Pustaka Utama

Ghozali, Imam, 2001, “ Aplikasi Analisis multivariate dengan Program SPSS “, Badan

Penerbit UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS (4th ed.).

Semarang: Badan Penerbit-Undip.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi

Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai.

Yogyakarta: FP UGM.

Howard, J.A. and Shay, R.P. 1988, Measuring The effect of Marketing Information on Buying Intention. The Journal of Service Marketing, Vol.2, No.4 Fall, P. 27 - 36.Jakarta : Salemba Empat. Jilid I.

Imam, Wahjono, Sentot, 2010. Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2010.

J. Suprapto, 2003, Metode Penelitian Hukum dan Statistik, Rineka Cipta, Jakarta Kamaluddin, R. 2010. Pertimbangan dan Alasan Pasien Hipertensi Menjalani Terapi

Alternatif Komplementer Bekam Di Kabupaten Banyumas.Jurnal keperawatan soedirman, Volume.5 Nomor. 2, Juli 2010

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke- 12.Penerbit Erlangga.

Kotler, Amstrong. 2004. Dasar - Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Jakarta: Gramedia Kotler, P. & Amstrong. (1996). Manajemen Pemasaran Jilid II, 12th Ed. Jakarta : PT.

Indeks.

Kotler, P., & Kevin Lane Keller.(2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi

Kotler, Philip dan A.B.Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisis. Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Yogyakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip,1990, Manajemen Pemasaran : Analisia, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Jilid II, Edisi Kelima, terjemahan Jaka Wasana, MSM, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran.Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall

Kotler,Philip.2000, Marketing Management. The Millenium Edition, International Edition, Prentice Hall, Inc, New Jersey.

Kotler,Philip. 2005, Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas jilid satu. Jakarta: PT Indeks, Gramedia

Kotler. Philip. (1994). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation And

Control, Prentice Hall Int, Millenium edition, Englewood Clifss, New Jersey.

Lewis, S. 2001. Measuring Corporate Reputation. Corporate Comunication: An International Journal, 6(1):pp:31-35.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Lupiyoadi, Rambat. 2010, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek,

Lupiyoadi, Rambat., Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, Naresh K. 2006. Marketing Research An Applied Orientation. Prestice Hall, United State of America.

Mohamad .2013.Promosi, Citra Merek Dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota Manado, Jurnal EMBA Vol. 1 No. 4 Desember 2013, Hal.105-114.

Nur Achidah, dkk. 2016. Pengaruh Promosi, Harga Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Studi Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT Di Weleri-Kendal), Journal of Management, Volume 2 No. 2 Maret 2016

Peter, J. Paul & Jerry C. Olson.2000. Consumer Behaviour Perilaku Konsumen

Putri Maharani Purnama.2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 7 No. 2 Tahun 2018 Salemba Empat, JakartaSemarang ; Undip

Ratnasari, D. 2013. Studi Tentang Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Linmas di Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Kabupaten Malinau. E Jurnal Pemerintahan Integratif, 1(1):h:75-90

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional, Cetakan Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Siregar, Sofyan. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Pt Raja grafindo Persada.

Stanton, Wiliam J. 1998. Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1 . Jakarta: Erlangga. Sugiyono, 1999, Statistik untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2002.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta Bandung Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, 2006. Model Kausal Kesadaran, Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak, dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Penerimaan Pajak: Suatu Survey Diwilayah Jatim. Jurnal Keuangan Publik. Volume 4. No. 1: 105-121.

Swastha, Basu. 1998. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Liberty

Timothy A. Brown. (2006). Confirmatory factor analysis for applied research. New York: Guilford

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi. Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Umar, Husein. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada

Wang, Y.J., Kendampully, H.L., Guincheng, S. 2006. The Role of Brand Equity and Corporate Reputation ind CRM: Chinese Study. Coporate Reputation Review, 9(3):pp:179-197.

Wartick, S.L. 2002. Measuring Corporate Reputation: Definition and Data. Business and Society, 41(4):pp:371-392.

Williamson, G. dan W. J. A. Payne.1993. Pengantar Peternakan di Daerah Tropis (Diterjemahkan oleh S.G.N.D. Darmadja).Edisi ke-1.Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Yupitri, Evi dan Raina Linda Sari. 2012. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan”, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Desember: 46- 60.

Zeithaml V.A., (1988), Consumer Perception of Price, Quality and Value : A Means- EndModel and Synthesis of Evidence, Journal of Marketing, vol. 52

Published
2023-06-19
Section
Articles