PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING KONSUMEN BONENK PETSHOP CABANG GRESIK


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Price Discount
terhadap Impulse Buying pada konsumen Bonenk Petshop. (2) pengaruh Bonus
Pack terhadap Impulse Buying pada konsumen Bonenk Petshop. Penelitian ini
dilakukan pada sebuah toko hewan yang bernama “Bonenk Petshop” yang
berlokasi di Komplek Ruko KIG A-1 Jl, Tri Darma Gresik, Gresik, Jawa Timur.
Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif atau hubungan dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di
Bonenk Petshop cabang Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan
motode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan koesioner yang telah diuji validitas dan
reabilitasnya. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
terdapat pengaruh positif Price Discount terhadap Impulse Buying pada konsumen
Bonenk Petshop, hal ini dibuktikan dari nilai uji t hitung sebesar 2.701,
signifikansi 0,008<0,050 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar
0,423; (2) terdapat pengaruh Bonus Pack terhadap Impulse Buying pada konsumen
Bonenk Petshop, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,299, signifikansi
0,023<0,050 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,281.
References
Achmad, Buchori., Djaslim Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama).
Bandung. CV. Linda Karya
Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Bramantyo Wahyu Pratomo Supriono (2017), Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Dan Impulse Buying (Studi Pada “Supermarket Giant”Dinoyo Malang) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 50 No. 1
Brian Vicky Prihastama (2016) “Pengaruh Price Discount Dan Bonuspack terhadap impulse buying pada pelanggan Minimarket (studi kasus pada indomaret Sleman Jogjakarta)”
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Rajagukguk dan Kasmiruddin (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Industri Jasa Bengkel (Kasus PT. Mewah Kencana Motor Pekanbaru)”
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane (2013) Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12 PT. Indeks.
Kuncoro, (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta: Erlangga Kreitner, R., dan A. Kinicki. (2014). Organizational behavioral-Ed. 5. Boston: McGraw-
Hill.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba. Empat.. Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Siagian, S. P. (2013), Manajemen Sumber daya Manusia, Bumi aksara, jakarta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT
Alfabet.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta. Sujarweni, V dan Poly Endrayanto. (2012). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Tjiptono. F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta
Utami, C. W. (2012). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.