PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. ZANGRANDI PRIMA SURABAYA

  • Ahmad Karya Muslimin Universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Jovi Iristian Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 88 , PDF Journal downloads: 267
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Dalam menghadapi persaingan global, perusahaan di tuntut untuk bekerja
lebih efisien dan efektif. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk
membentuk sumber daya manusia yang baik dan sesuai dengan kebutuhan
perusahaan yaitu dengan merekrut tenaga kerja yang berkualitas dan terampil serta
dengan memperbaiki kualitas tenaga kerja yang dimiliki yaitu melalui pelatihan
dan dengan menciptakan iklim perusahaan yang baik, adanya gaya kepemimpinan
yang baik serta kompensasi yang baik dan adil yang akan berpengaruh terhadap
kepuasan karyawan dalam bekerja guna meningkatkan produktivita perusahaan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya
kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Zangrandi
Prima Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
jumlah sampel 30 responden. Alat pengujian menggunakan SPSS versi 21. Uji
parsial memperlihatkan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan kerja dengan nilai signifikan 0,023 < 0,05, kompensasi tidak
signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai signifikan 0,341 > 0,05. Serta uji
simultan menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap
kepuasan kerja memiliki nilai tingkat signifikan sebesar 0,052 yang lebih besar
dari 0,05.

References

Agus Darma, 1996. Perilaku Dalam Organisasi. Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Anshori , M & Iswati, S. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya : Airlangga University Press

Anwar Prabu Mangkunegara. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kedua Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group

Davis, Keith dan John W. Newstrom. 1985. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Davis, Keith. 1985. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Fatihudin, Didin dan Firmansyah, Anang. Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Edisi 7.Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, L., M. Ivacevich., and James H. Donelly. 1996. Organisasi Behavior, Structure,Processes. 5 th ed., Bussiness Publication, inc, Texas.

Handoko, T.H., (1984), Manajemen. Edisi 2 BPFE, Universitas Gajah Mada,Yogyakarta.

Harsiwi, Th Agung M. & Pidekso, Yulius Suryo. 2003. Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Personal Pemimpin. Pasca Sarjana

Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta:Penerbit PT Bumi Aksara.

Published
2023-06-19
Section
Articles