PENGARUH CITRA MEREK, STRATEGI PEMASARAN DAN MUTU PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KFC MANYAR KERTOARJO SURABAYASAAT PANDEMI COVID 19

  • Eka Dita Rosita Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 351 , PDF Journal downloads: 246
Keywords: Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Mutu Produk, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh mutu produk terhadap kepuasan pelanggan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 89 orang responden Pelanggan yang sudah datang dan melakukan pembelian di KFC Manyar minimal sebanyak 2 (dua) kali, Pelanggan dengan usia 17 tahun ke atas. Teknikpengambilan sampel responden pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25.0. Hasil diperoleh nilai fhitung untuk variabel citra merek, strategi pemasaran dan mutu produk sebesar 8,296 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil diperoleh nilai t-hitung untuk variabel citra merek sebesar 2,066 dengan nilai signifikan sebesar 0,042 < 0,05. Hasil nilai t-hitung untuk variabel strategi pemasaran sebesar 2,148 dengan nilai signifikan sebesar 0,035 < 0,05. nilai t-hitung untuk variabel mutu produk sebesar 2,148 dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Hasil analisis Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-f menunjukkan bahwa variabel citra merek,strategi pemasaran dan mutu produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Strategi pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Mutu produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Armstrong, Kotler 2015, “Marketing an Introducing Pretiece Hall

twelfthedition”,England : Pearson Education, Inc.

Agustina, Nur A., Seno Sumowo, dan Bayu Wijayantini. 2018.

Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek,dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian

Ipteks, Vol. 3 No. 2, Hal: 186-196.

Anwar, BudhiSatrio. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Vol.4. No:12. Hal:1-15.

Amirin, T., 2011, Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin, Erlangga, Jakarta.

Akbar, Adam “ Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga,dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Note book Toshiba,”Jurnal ,Universitas Gunadarm.Jakarta.2012.

Afrianto.2008. Pengawasan Mutu Bahan atau Produk Pangan Jilid 1 untuk SMK.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Aulia, Malikhatul& Iman Hidayat.2017.”Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan,dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies”.jurnal ilmu dan Riset Pemasaran.Volume 6 No.5. ISSN: 2461.0593

Augusty, Ferdinand.2006. Metode penelitian manajemen: pedoman penelitianuntuk skripsi, tesis dan disertai ilmu manajemen. Semarang: Universitasn Diponegoro.

Buchari,Alma.2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008). Manajemen Pemasaran Modern.Liberty, Yogyakarta.

Donni Juni Priansa., 2017., Perencanaan dan Pengembangan SDM, Alfabeta, Bandung. Darmawan, D., dan Setyaningsih. (2004). Pengaruh Citra Merek Terhadap

Efektifitas Iklan. Jurnal Media Mahardika.

Fandy, Tjiptono.2012. StategiPemasaran,ed. 3, Yogyakarta,Andi.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. CetakanKeempat. Semarang: Badan Universitas Pendidikan Ganesha.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016.Marketing Management.Global Edition (Vol.15E). In Global Edition.

Kotler, Philip, & Gary Armstrong. (2014). Principle Of Marketing 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Ngutji, E., Tumbel, A., dan Rotinsulu, J.J. (2014). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen pengaruhnya terhadap Kesetiaan Merek Kentucky Fried Chicken (KFC) Megamall Manado. Jurnal EMBA. No. 1, vol. 2, hal. 160-171.

Nugroho. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi Offset, Yogyakarta.

Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern, Laksbang Pressindo, Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (MixedMethod). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV. Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, “Strategi Pemsaran Prinsip dan Penerapan”, Yogyakarta: CV

Andi Offset, 2019.

Lasander, Christian, 2013, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia di Tahuna Kab.Sangihe, Jurnal, http://ejournal.unsrat.ac.id/. diakses pada 19 April 2014.

Published
2023-09-20