PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMASUKOMANUNGGAL SURABAYA


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan terhadap kesadaran wajib pajak secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini yaitu wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Sukomanunggal Surabaya. Sampel yang diambil yaitu 50 responden dengan menggunakan metodeincidental sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 21.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, variabel penelitian terdiri atas :(1) Pelayanan Fiskus dan Pengetahuan Perpajakan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Kesadaran wajib pajak.. (2) Pelayanan fiskus berpengaruh signifikan terhadap kesadaran wajib pajak, terlihat dari nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, hal ini berarti apabila pelayanan fiskus semakin baik maka akan meningkatkan kesadaran wajib pajak. (3) Pengetahuan perpajakanberpengaruh siginifikan terhadap kepuasan wajib pajak, terlihat dari nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, hal ini berarti apabila pengetahua perpajakan semakin baik maka akan meningkatkan kesadaran wajib pajak.
References
Basit, A., & Wirawan, W. (2019). Pengaruh Persepsi Kontrol Perilaku,
Pengetahuan Pajak Dan Persepsi Keadilan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
Tekun: JurnalTelaah Akuntansi Dan Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.22441/tekun.v8i1.5520
Cindy, J., & Yenni, M. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus
, sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, https://media.neliti.com/media/publications/157195-ID-pengaruh-kesadaran wajib-pajak kualitas.pdf
Hanindyari, Putri Wangi. 2018. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas
Pelayanan Fiskus, Dan Penerapan E-Filling Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Tercatat di Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Purworejo). Skripsi. FE Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Ketut Evi Susilawat, & Ketut Budiartha. (2013). Jurnal_inter_1_V. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi UniversitasUdayana 4.2 (2013): 345-357. ISSN: 2302-8556.
Lestari, R. A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik Pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Manuputty, I. G., & Sirait, S. (2016). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Penerapan Assesment System Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Serta Dampaknya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kpp Pratama Jakarta Panjaringan. Media Akuntansi Perpajakan, 1(2).
Mardiasmo. 2016. Perpajakan. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Masinambow, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib PajakOrang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA, 1(4).
Muarifah, Tanzialah (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem elektronik perpajakan dan kompetensi pegawai pajak pada kepuasan wajib pajak. (2017), E-Jurnal Akuntansi, 18(3).
http://eprints.dinus.ac.id/8666/1/jurnal_13064.pdf
Muslikhatul Ummah. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Semarang. Jurnal Ekonomi. http://eprints.dinus.ac.id/17679/1/jurnal_15143.pdf.
Mutia, S. P. T. (2014). Pengaruh sanksi perpajakan, kesadaran perpajakan, pelayanan fiskus, dan tingkat pemahaman terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Artikel Ilmiah, 2(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/viewFile/902/652
Pangestu, Ajeng Fitri (2018). Pengaruh kompetensi fiskus dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Skripsi. Universitas Wijaya Putra.Surabaya.
Rahayu, Nurulita (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan, Sanksi Pajak, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Akuntansi Dewantara Vo.1 No.1.https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansidewantara/article/download
/2/170
Ramadhan, R., & Binawati, E. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Administrasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar
PajakKendaraan Bermotor Menggunakan Metode Mix Method (Pada Kantor Pelayanan PajakKendaraan Bermotor Samsat Kota Yogyakarta). Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 15(1). https://doi.org/10.51277/keb.v15i1.67
Rianty, M., & Syahputepa, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan PelaporanWajib Pajak. Balance :Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.32502/jab.v5i1.2455
Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2).
https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.688
Saputra, Sandy Dwi (2020). Pengaruh Pengampunan, Pengetahuan Pajak, Pelayanan Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Kasus di KPP
Soetomo Management Review, Volume 1, Nomor 4, Hal 443-459
Pratama Sukomanunggal Surabaya ). Skripsi. Universitas WijayaPutra.Surabaya Siahaan, S., & Halimatusyadiah. (2018). The Influences Of Tax Awareness Of Tax Awareness, Tax Socialization, Fiscuus Servicing And Tax Sanctions Of Obedience Of Personal Taxes Obligatory. Jurnal Akuntansi, 8(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JurnalAkuntansi/article/download/7589/ 792 Siregar, Y., Saryadi, S., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Pelayanan Fiskus Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Di Semarang Tengah). Jurnal Ilmu Administrasi BisnisS1
Undip, 1(1).
Susanti, Y., & Suhono, S. (2020). Pengaruh Kuaitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Karawang Utara. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i11.p04 Susherdianto, R.,
& Haryanto (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi WPOP Yang Memiliki Usaha Di Kota Kudus). (2015). Diponegoro Journal of Accounting, 0(0), ISSN (Online): 23373806. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Syahril, F. (2013). Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Orang Pribadi (Studi Empiris
Pada KPPPratama Kota Solok). Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/viewFile/639/398
Tene, J. H., Sondakh, J. J., & Warongan, J. D. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Pajak, Sanksi Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yangTerdaftar di KPP Pratama Manado). Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174, 5(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/15702/15221
Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem SamsatDrive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1). https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.253
Zuhair (2013). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Pengetahuan Mengenai Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Restoran di Kota Solo danYogyakarta). Skripsi. FE.Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/12625/skripsi%20zuhair.pdf?sequence=1