PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA SERVICE PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK-BMW CABANG SURABAYA

  • Mukhammad Ikhwan Mukhlis Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Saibat Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 243 , PDF Journal downloads: 180
Keywords: Citra Perusahaan, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Menyadari Perkembangan industri otomotif saat ini tumbuh cepat dalam masa pandemi, sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat di antara industri otomotif, maka perusahaan mencari cara untuk meningkatkan minat konsumen untuk memilih menggunakan jasa service yang ditawarkan. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kualitas pelayanan, harga dan citra perusahaan. Demikian halnya PT. Astra Internasional Tbk-BMW cabang Surabaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang sangat peduli terhadap kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen serta harapan pelanggan. Selain mengutamakan kualitas pelayanan, faktor harga dan citra perusahaan juga sangat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra perusahaan terhadap keputusan penggunaan jasa service di PT. Astra Internasional Tbk-BMW cabang Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Astra BMW surabaya. Sampel dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan rumus statistika didapatkan sejumlah 52 responden. Analisis ini
meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan jasa di PT. Astra Internasional Tbk-BMW cabang Surabaya . Sedangkan variabel harga ditemukan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa di PT. Astra Internasional Tbk-BMW cabang Surabaya. Dan dalam penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan secara simultan.

References

Abdullah, T. dan Tantri, F. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Adriza. 2015. Membangun Citra Lembaga Perguruan Tinggi Yang Berbasis Vokasi. Yogyanurkarta: Penerbit Deepublish.

Amstrong, Philip Kotler. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis

dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Konsumen Teori Dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS

Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga. Lesmana, R dan Yustriani. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk (Persero). Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma. Vol.1 No.1

Hal: 134-147.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3.

Jakarta:

Penerbit Salemba Empat.

Soetomo Management Review, Volume 1, Nomor 4, Hal 471-486

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Manik, Desma Erica Maryati. 2018. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Astra Internasional- Medan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB). Vol. 3. No. 2 Hal: 8- 13.

Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen, Dalam Perspektif Kewirausahaan.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rao, Purba. 1996. “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis”,

The Asian Manager, February-March, pp.28-32.

Ratnasari R. T dan Aksa, M. H. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Buku Seru. Swastha, B dan Handoko, T. H. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku

Konsumen. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit CV. Andi Offset. Wibowo, D dan Priansa, J. 2017. Manajemen Komunikasi Dan Pemasaran. Bandung:

Penerbit Alfabeta.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Published
2023-09-20