PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KEMASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH HIJAU NU GREEN TEA DI KABUPATEN GRESIK

  • Ivan Dhany Ferdiansyah Universitas Dr Soetomo
  • Susanto Soekiman Universitas Dr Soetomo
  • Sandra Oktaviana Pinaraswati Universitas Dr Soetomo
Abstrak views: 103 , PDF Journal (English) downloads: 68

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Teh Hijau Nu green tea di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalampenelitian  ini  adalah  seluruh  konsumen yang berbelanja di Koperasi  MH Mart. teknik pengambilan sampel menggunakan metode pendekatan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya, dan teknik analisis digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif Citra Merek, Harga, dan Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian teh hijau nu green tea di Kabupaten Gresik dibuktikan dengan Fhitung 55,576, dan signifikansi 0.00<0.05; (2) terdapat pengaruh positif pada Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian teh hijau nu green tea di Kabupaten Gresikdibuktikan dengan thitung 3,471 lebih besar dari ttabel 1.661, tingkat signifikansi 0.001<0.05; (3) terdapat pengaruh positif pada Harga terhadap Keputusan Pembelian teh hijau nu green tea di Kabupaten Gresikdibuktikan dengan thitung 2,167 lebih besar dari ttabel 1.661, tingkat signifikansi 0.033<0.05; (4) Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian teh hijau nu green tea di Kabupaten Gresikdibuktikan dengan thitung 3,010 lebih besar dari ttabel 1.661, tingkat signifikansi 0.003<0.05

Referensi

Amanda & Kristia,2020. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan desain Produk terhadap keputusan pembelian Konsumen Kosmetik Wardah. Skripsi. Yogyakarta:Universitas mercu Buana Yogyakarta.

Ardiansyah, M., & Rokhmi, S. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Cleo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). 6(6).

Dewi, D. R. (2017). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Probiotik Merek Yakult (Studi Kasus Pada Konsumen Yakult di Kampung Botokan Pajang Laweyan Surakarta). JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(1).

De Yusa, V., & Hastono, A. L. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam kemasan (Amdk) Rivero di Bandar Lampung. Derivativ: Jurnal Manajemen, 12(1).

Esti Handayani, Eka Nurbiyansari, 2021. Pengaruh Self Assessment Systems, Keadilan Pajak, Ketepatan Pengalokasian, Teknologi Dan Informasi Perpajakan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Penggelapan Pajak (Tax Evasion) (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Sidoarjo). skripsi Surabaya: Universitas Dr.Soetomo Surabaya.

Firdaus & Nasiatul,2021. “Pengaruh citra merek (brand image), harga dan desain kemasan terhadap minat beli konsumen produk minuman bersoda fanta (studi kasus pada masyarakat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik) Skripsi. Surabaya: UPN

“VETERAN”Jawa Timur.

Murty, D., Khasanah, I., & Manajemen, J. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600ML Di Semarang. Diponegoro Journal Of Manajement, 4(2).

Rahmi, P. P., & Rizki Diyah Purwanti. (2016). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk NU Green Tea Pada PT ABC President Indonesia Cabang Garuh. Jurnal Indonesia Membangun, 1(April).

Rosyida Anisa. (2017). pengaruh kemasan produk dan merk teh celup sariwangi terhadap keputusan pemebelian konsumen. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2.

Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan di Gamefield Hongkong Limited. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1).

Utomo, (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Indomaret Cabang Kostrad Praja Dalam.Skripsi. Jakarta: Universitas Satya Negara Indonesia.

Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Wiliana, W., & Saputra, A. (2021). Pengaruh Kemasan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Pada Pacific Batam Perkasa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).

Yuana, F. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dr. Kevin Di Matahari Kepri Mall. E-Jurnal Riset Manajemen, 53(9).

Yumiarti & Irsita. (2019). “Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian minuman teh botol Sosro: Studi pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2018/2019”. Skripsi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Diterbitkan
2023-12-13
Bagian
Articles