PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI PADA BATIK TULIS DESSA SENDANG SENORI KABUPATEN TUBAN

  • Sa’ilatun Ni’mah Universitas Dr Soetomo
  • Saibat Universitas Dr Soetomo
Abstrak views: 24 , PDF Journal (English) downloads: 15

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian batik tulis dessa sendang senori dan kabupaten tuban . Populasi dalam penelitian ini adalah populasi pada penelitian ini adalah  keseluruhan konsumen yang membeli pada usaha batik tulis Dessa sebanyak 150 orang, dihitung dari jumlah unit pembelian (Data Bulan Oktober 2021- Januari 2022) sampel pada penelitian ini berjumlah 60 dengan menggunakan rumus slovin . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan   Wawancara dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (versi 23).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Inovasi Produk menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel thitung > ttabel yaitu 6,814 > 2,002  dengan signifikan sebesar 0,000 yang berarti Inovasi Produk bepengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian . diketahui bahwa variabel Kualitas Produk menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel thitung > ttabel (2,009 > 2,002 )dengan signifikan sebesar 0,049 < 0,05 yang berarti Kualitas Produk bepengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian .  Analisis koefisien determinasi korelasi antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah kuat karena R== 0,866 > 0,5.. Sedangkan R Square sebesar 0,751 berarti 75,1% variasi variasi Keputusan Pembelian disebabkan oleh Inovasi Produk dan Kualitas produk. Sedangkan 24,9% variasi Keputusan Pembelian disebabkan oleh variabel – variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Referensi

Amstrong dan Kotler,2005 , Manajemen pemasaran , Prehalindo, Jakarta.

Charles, Noble H.; Sinha, Rajiv K. and Kumar, Ajith. 2002., Market Orientation and Alternative Strategic Orientations : A Longitudinal Assessment of Performance Implications, Journal of Marketing vol. 66, 25-39

Mulyadi, Welly, dkk. (2016). Pengaruh Inovasi, Kreativitas, dan Kepuasan Konsumen terhadap keunggulan kompetitif. Prosiding Seminar Nasional dan teknologi Informasi.

Nasution. N. (2015). Buku Pintar Asuhan Keperawatan. Kesehatan Jiwa. Yogyakarta : Cakrawala Ilmu.

Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks,

Jakarta.

Suseno,S.B. 2004 . Analisis Faktor Faktor yang mempengaruhi Inovasi produk untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi pad Industri Kecil Kuningan di Kecamatan Juana Kabupaten Pati JawaTengah ). Semarang : Unversitas Diponegoro.

Tamamudin, 2012, Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian Vol. 9, No. 2, November 2012. Hal. 283-300.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta : Andi.

Diterbitkan
2023-12-13
Bagian
Articles