PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA. DR SOETOMO SURABAYA

  • Susana Sindiani Matur Universitas Dr Soetomo
Abstrak views: 34 , PDF Journal (English) downloads: 30

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Dr. Soetomo Surabaya baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi dengan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan bantuan software SPSS 26. Populasi dalam penelitian ini adalah guru- guru SMA Dr. Soetomo Surabaya. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel jenuh dengan 42 responden. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMA Dr. Soetomo Surabaya, variabel lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMA Dr. Soetomo Surabaya dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMA Dr. Soetomo Surabaya. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh secara secara simultan terhadap kinerja guru pada SMA Dr. Soetomo Surabaya.

Referensi

Iskandar, R. Z. (2018). Pengaruh Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. jurnal manajemen.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, PT. Andi: Yogyakarta. Mariawati, S. d. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja.

Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan, 31.

Robbins, Stephen P, & Timoty A.Judge.(2008). Perilaku Organisasi,.Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. (2006) “Perilaku Organisasi”. Jakarta, PT.Indeks kelompokGramedia,

Robbins SP, dan Judge.(2007)“Perilaku Organisasi.” Jakarta, Salemba.

Diterbitkan
2023-12-13
Bagian
Articles