PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, VIRAL MARKETING, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INSTAGRAM KOKO BUNCIT SURABAYA

  • Annisa Nur Auliyah Universitas Dr Soetomo
  • Sutarmin Universitas Dr Soetomo
  • Sugiyanto Universitas Dr Soetomo
  • Wiwik Budiarti Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 188 , PDF Journal downloads: 150
Keywords: e-WOM, Kepercayaan Konsumen, Komunikasi, Viral Marketing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser, viral marketing, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi yang diteliti adalah follower Instagram Koko Buncit yang berjumlah 87 orang. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian kuantitatif, yaitu mensurvei audiens Instagram Koko Buncit dengan mengirimkan kuesioner. Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai metode analisis yang disertai dengan uji validitas, reliabilitas, dan hipotesis. Semua faktor memiliki pengaruh besar terhadap pilihan pembelian kecuali variabel dukungan selebriti, yang tidak mencapai signifikansi statistik. Temuan yang dilaporkan menunjukkan bahwa nilai t taksiran lebih besar dari t tabel (0,352 > 1,988), dan nilai P-value sebesar 0,726 (p > 0,05). Temuan penelitian ini menjelaskan mengapa orang-orang terkenal yang mendukung produk buruk mempunyai dampak besar pada pilihan pembelian konsumen. Hal ini dikarenakan visibilitas dan pesona Koko Buncit yang masih kalah dengan celebrity endorser makanan lainnya yang lebih terkenal serta mengulas kuliner Indonesia, bukan di wilayah Surabaya saja. Artinya masih ada variabel-variabel lain yang tidak diteliti sehingga mampu mempengaruhi keputusan pembelian responden.

References

Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32-39.

Andi, D.R, 2022, Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022, diakses pada tanggal 2 Februari 2023, https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian- digital-report-2022/

Chin, W. W., dkk. (1997). Advancing the theory of adaptive structuration: The development of a scale to measure faithfulness of appropriation. Information systems research, 8(4), 342-367.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Hair, J.F, dkk. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106-121

Hartono. (2008). SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19-26.

Kiswalini, A., & Nurcahya, I. K. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand image, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomika, 1(3).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nasiruddin, K., dkk. (2016). Electronic word of mouth: exploring the consumer perspective. International Journal of Accountig, Business and Mangement, 4(2), 19-25.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu Jilid Jakarta: Erlangga.

Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: Andi. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, danR&D.Bandung: ALFABETA

Tjiptono, F. (2011). Manajemen & Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Viviana, C., & Candraningrum, D. A. (2018). E-Wom Oleh Kalangan Milenial Terhadap Akun @makansampaikenyang Sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner.Prologia, 2(2),270-277

Published
2023-12-13