PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THRIFTING TIKTOK SHOP DI SURABAYA


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting Tiktok Shop Di Surabaya. Perkembangan fashion di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Industri fashion, kuliner dan kriya menjadi sektor penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia dengan kisaran 75 persen dan berhasil menyumbang lebih dari Rp 1.300 triliun pada tahun 2022. Fenomena saat ini terjadi di kalangan remaja adalah kecenderungan untuk membeli baju bekas atau barang bekas yang dikenal dengan Thrift shopping sebagai sarana memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi remaja umur 20-24 Surabaya yang pernah membeli produk thrifting di tiktok shop, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reabilitas, dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa (1) terdapat pengaruh positif Citra merek, Kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Thrifting Tiktok Shop Di Surabaya dibuktikan dengan Fhitung 79.289 dan signifikan 0,000 < 0,05; (2) variabel citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian Thrifting Tiktok Shop Di Surabaya dibuktikan dengan thitung = 5,603 > ttabel 1,660 tingkat signifikansi 0,000 < 0,05; (3) variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian Thrifting Tiktok Shop Di Surabaya dibuktikan dengan thitung = 3,320 > ttabel 1,660 tingkat signifikansi 0,001 < 0,05; (4) variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian Thrifting Tiktok Shop Di Surabaya dibuktikan dengan thitung = 3,033 > ttabel 1,660 tingkat signifikansi 0,003 < 0,05;
References
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 7,cetakan ke 8,(Ed 3 nd). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Keller, K. (2017). Marketing Management, Global Edition (14 st Ed).15 Edition : Pearson Education, Essex,England.
Kotler, P. dan A. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian” Edisi 2.
https://wisatahits.blog/jf3-jadi-momentum-kebangkitan-fashion-dan-kuliner-di-jakarta-28243/