PENGARUH HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen Unitomo Surabaya)

  • Taupik Hidayatulloh
  • Jajuk Suprijati Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 278 , PDF Journal downloads: 251
Keywords: Harga, Online Customer Reviews, Keputusan Pembelian, Tiktok Shop

Abstract

Keputusan pembelian adalah tindakan konsumen apakah mereka ingin membeli produk atau tidak. Keputusan membeli memiliki banyak penyebab, termasuk harga dan online customer reviews. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan online customer reviews di aplikasi Tiktok Shop pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah 100 responden yang merupakan mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Soetomo Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form. Analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Tiktok Shop dan variabel online customer reviews juga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Tiktok Shop aplikasi Tiktok Shop.

References

Achidah, N., Warso, M., Hasiolan, L. B., Jurusan, M., Fakultas, M., Dan, E., Universitas, B., Semarang, P., Dosen, ), Manajemen, J., & Ekonomika, F. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio Gt Di Weleri-Kendal). Dalam Journal Of Management (Vol. 2, Nomor 2).
Arif Alfred Nobel. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Pada Aplikasi Shopee.
Cahyono Edi. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. V(1).
Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh Online Customer Review And Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Marketplace Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadyah Magelang).
Devi Pita Sari. (2022). Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Di Universitas Dr.Soetomo Surabaya.
Erviana Ayuningtyas. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Ratting Terhadap Minat Beli Marketplace Tokopedia.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23 (8 Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hana Yoflike Mokodompit, S. L. H. V. Joyce Lapian, & Ferdy Roring. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat).
Hasanah, A. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Promosi Menggunakan Aplikasi Titok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Implora Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 103–114. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7058946
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol (Vol. 21, Nomor 1). Www.Antaranews.Com
Kuncoro. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi (4 Ed.). Erlangga.
Kusuma, R. W. (2015). Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya.
Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance Of Online Product Reviews From A Consumer’s Perspective. Advances In Economics And Business, 1(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.13189/Aeb.2013.010101
M. Tjiptadi. (2018). Konsep Pemasaran Dan Proses Manajemen Pemasaran.
N Luluk. (2018). N Luluk 2018.
Okki Rizki Kesuma Adi, D., Fathoni Mm, A. S., Budi Se Mm, L. H., Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang, M., & Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang, D. (2018). Pengatuh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang.
Philip Kotler. (2005). Manajemen Pemasara (Vol. 1).
Philip Kotler, & Kevin Lane Keller. (2013). Manajemen Pemasaran (Vol. 2).
Priangani, A. (2013). Ade Priangani |Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, 2.
R.A. Purnomo. (2016). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan Spss. Cv Wade Group.
Reisita Meidina Putri. (2022). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Job Insecurity.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo, Ed.; 1 Ed.). Alfabeta, Cv.
Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. Jktp, 3(1), 49–58. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jktp/Index
Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Beliya, E. (2022). Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal Of Multidisciplinary Research (Fjmr), 1(1), 49–74. Https://Doi.Org/10.55927
Yulianti, C., Dwi Utami Ratna Mega Sari, A., Risenasari Ratna Sogian Siwang, H., Khotimah Nia Rosiana, H., Rachman, A., & Hasibuan, M. (2015). Pemasaran Konsep Dan Aplikasi Rita Nurmalina.
Published
2024-01-21