PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE REALME DI WTC SURABAYA

  • Fauzan Sinjai
  • Saibat Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 74 , PDF Journal downloads: 52
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Pertumbuhan jumlah smartphone saat ini meningkat pesat. Oleh karena itu, banyak produsen smartphone yang berlomba-lomba memenuhi kebutuhan konsumennya. Berbagai strategi dilakukan untuk memenuhi hal tersebut, termasuk memberikan kualitas sesuai harga. Selain itu, komunikasi pemasaran juga penting untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh produsen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, terhadap kepuasan pembelian smartphone Realme di wilayah WTC Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini kemungkinan adalah 250 pengguna Realme di sekitar Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Selain itu, hasil pengaruh tidak langsung juga menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, mempunyai pengaruh tidak langsung melalui variabel keputusan pembelian

References

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. 25
Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama, Cetakan ke-12. BPFE. Yogyakarta
Kalakota, R., & Whinston, A. B. (1997). Electronic Commerce: A Manager’s
Guide, 431. Komprehensif Cetakan Kelima. Jakarta: Change Publication. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15.Global Edition. Pearson.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Jakarta, Erlangga.
Jurnal:
Amilia, S. (2017) Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.1,
Arsyanti, N.M., & Astuti, S.R.T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponogoro Journal of Management Volume 5 Nomor 2
Aryaty, L.G., & Budiatmo, A. (2018) Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Series J (Studi Kasus Pada Konsumen Samsung Galaxy Series J Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol 7, No 1
Bahri. (2018) Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Dipengaruhi
Variabel Lokasi, Pelayanan, Kualitas Produk, Nilai Emosional, dan Disain
Interior yang Berdampak pada Tingkat Pembelian. Jurnal Maksipreneur. Vol. 8 No. 1
Clara, B., Iqbal, M., & Irawan, A. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model dan Electronic . Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 60 No.3
Edwin, P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap . “Best Autoworks”. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start- Up Bisnis, Universitas Ciputra
Published
2024-01-21