PENGARUH HARGA, LOKASI, DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN ZIAN ISTANA RESIDENCE MOJOKERTO


Abstract
Definisi manajeman pemasaran pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih
pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan serta meningkatkan jumlah
pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai
pelanggan yang unggul. Harga adalah sejumlah uang yang ditagihkan atas suatu
produk dan jasa atau jumlah dari nilai yang ditukarkan para pelanggan untuk
memperoleh manfaat dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa.
Defenisi lokasi ialah tempat dimana perusahaan harus bermarkas melakukan
operasi. Faktor penting dalam pengembangan suatu usaha adalah letak lokasi
terhadap daerah perkotaan, cara pencapaian dan waktu tempuh lokasi. Lokasi
yang strategis ialah lokasi yang berada dipusat kegiatan masyarakat dan lokasi
yang dinilai mampu mengalami pertumbuhan ekonomi.Persoalan penting
seperti kemungkinan terlihat, lahan parkir, kemudahan akses, keselamatan dan
keamanan lokasi merupakan faktor-faktor yang memberi kontribusi pada
kesuksesan pemilihan lokasi. Diluar keterkaitan harga perumahan, desain rumah
juga menjadi pilihan konsumen. Desain dapat menciptakan semacam kepribadian
tersendiri sehingga menonjol bila dibandingkan produk pesaing yang kelihatan
serupa. Keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan
pembeli di mana konsumen benar-benar membeli. Populasi adalah wilayah
generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan
karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian
ditarik kesimpulannya. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang
membeli produk Perumahan Zian Istana Residence. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel Harga(X1), Lokasi(X2), dan Desain(X3)
berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal
ini dibuktikan dari nilai sig pada uji F yang menunjukkan sebesar 0,000 atau <
dari 0,05, sehingga seluruh variabel independen yang terdiri dari variabel
Harga(X1), Lokasi(X2), dan Desain(X3) memiliki pengaruh secara simultan
terhadap Keputusan Pembelian (Y) . Dengan demikian hipotesis pertama
penelitian yang berbunyi “Variabel Harga(X1), Lokasi(X2), dan Desain(X3)
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Perumahan
Zian Istana Residence” adalah terbukti kebenaranya.
References
Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Giyarsih, S.R. 2001. Gejala Urban Sprawl sebagai Pemicu Proses Densifikasi
Permukiman di Daerah Pinggiran Kota (Urban Fringe Area). Jurnal
Pembangunan Wilayah, vol 12 No. 1/Maret, hal 40-45.
Handoko 2021 Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta Bumi
Aksara. Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. P Gramedia
Pustaka, Jakarta.
Hariyanto. (2017). Belajar dan pembelajaran teori dan konsep dasar. PT Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Heizer, J dan Render.B, 2016. Manajemen Operasi. Edisi Sebelas., Salemba Empat,
Jakarta.
Indriantoro, N dan Bambang, S. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis.
BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.
Kabupung, S., 2012. TEORI KOTA DAN CITRA KOTA. Pengertian Kota, pp.37
Http//e-journal.uajy.ac.id/482/3/2MTA01479.
Kerlinger. 2000. Rancangan Penelitian. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kodu, S. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya
Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA,
Vol.1 No.3, September 2013: 1252-1259.
Kotler, P, 2005. Manajemen Pemasaran Dialih Bahasakan Oleh Benjamin
Kotler, P and Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran,Edisi 13, Jilid 1.
Erlangga, Jakarta.
Kotler, P and Keller, K L, 2012. Marketing Management. 14th edition.
New Jersey: Prentice.
Kotler, P & Armstrong, G, 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Indeks, Jakarta.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Kurniawan, W., 2018. Solusi Developer Untuk Pemerintah. PT.
Graha Sentramulya. Bandar Lampung.
Kurtz, D. L. 2012. Priciples of Contemporary Marketing. United States of
America: Cenbage Learning.
Lovelock, C, dan John. W, 2014. Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Erlangga,
Jakarta.
Lupiyoadi. R. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba
Empat, Jakarta.
Priyatno,I., 2013. Nilai Sebuah Informasi http://istthuufia.blogspot.
com/2016/08/nilai- informasi.html?m=1, (Sesi 2).
Qoyum, Z., 2021, Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restaurant McDonald’s GKB.
Skripsi Universitas Muhammadiyah Gresik. Diakses pada tanggal 30
November 2017 daridigilib.umg.ac.id/gdl.php?
mod=browse&op=read&id=jipptumg- zainiyatul2764
Sarawan, H., 2014. 20 Pengertian Kota Menurut Para
Ahli. pp.https://Hedisasrawan.blogspot.com/2014/07/20-pengertiankotamenurutpara-ahli-html?m=1.
Schiffman, L. G dan Kanuk L. L, 2014, Perilaku Konsumen, Jakarta.
Silawati, l., 2018. Tingginya Tingkat Kepadatan Penduduk.PT.Graha
Sentramulya. Bandar Lampung.
Solomon, M.R. 2007. Consumer Behavior; Buying, Having, and Being. New
Jersey, Upper Saddle River; Pearson Education
Solomon, M.R. 2007. Consumer Behavior; Buying, Having, and Being. New
Jersey, Upper Saddle River; Pearson Education
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung.
Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia, Malang.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2018). Service Quality and Satisfaction. Penerbit
CV Andi Offset, Yogyakarta.
Wiwaha, A., 2013. Kajian Teori Perumahan Dan Pemukiman,
pp.http://studyandlearningnow.blogspot.com/201301/21-kajianteoriperumahan-dan pemukiman.html?m=