PENGARUH PROMOSI , HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KEDAI KOPI VIVRE SURABAYA

  • Yuda Kusuma Wardana
  • JFX Susanto Soekiman Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Bambang Raditya Purnomo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 101 , PDF Journal downloads: 182
Keywords: Promosi, Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh promosi, harga dan kualitas
produk secara simultan terhadap kepuasan pelangan pada Kedai Kopi Vivre Surabaya.
Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah
konsumen di Kedai Kopi Vivre Surabaya. Metode pengambilan sampel accidental
sampling, jumlah sampel minimal dalam penelitian ini berjumlah 40 konsumen Kedai
Kopi Vivre Surabaya. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas,
asumsi klasik, dan regresi linear berganda yg diolah dengan menggunakan program
Statistical Product and Service Solution(SPSS) versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Variabel promosi tidak berpengaruh terhadap
kepuasan pelangan hal ini dibuktikan dari nilai thitung = 1,411 < t tabel 1,6725 (2)
Variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian hal ini dibuktikan dari
nilai Thitung = 2,270 > t tabel 1,6725 (3) Variabel kualitas produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian hal ini dibuktikan dari nilai thitung = 3,376 > t tabel
1,6725 (4) Hasil pengujian secara bersama-sama (simultan) menunjukkan bahwa
variabel promosi, harga dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan kedai kopi Vivre Surabaya, hal ini dapat
dibuktikan dari nilai Fhitung (34,388) > Ftabel (2,77).

References

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21
Update PLS Regresi (W. Progress (Ed.); 7th ed.). Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ghozali, 2016. eprints.umg.ac.id. [Online] http://eprints.umg.ac.id.pdf [Diakses
27 April 2020].
Ghozali, I., 2011. eprints.uny.ac.id. [Online] https://eprints.uny.ac.id [Diakses 23
April 2020].
Ghozali, I. (2011). eprints.uny.ac.id. [Online] https://eprints.uny.ac.id [Diakses
23 April 2020].
Herlambang, A. S., & Komara, E. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas
Pelayanan, dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelangan (Studi
kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan)”. Jurnal
Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 7(2), 56–64.
Kotler, P dan Kevin, L. (2009). Manajemen pemasaran.Edisi ke-13, Pearson
Education, Roolito Lombarda, Italia.
Kotler, P. (2002). Pemasaran Pengelolaan Edisi Milenium. Pearson Custom
Publishing. 75 Arlington Street, Suite 300, Boston, MA 02116.
Kotler, P & Armstrong, G. (1997). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Dalam: A. Sindoro, penyunt. Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung: s.n., p.
48.
Philip kotler & Kevin Lane, 2017. manajemen pemasaran. s.l.:s.n.
Prasetio, A. (2012). “Management Analysis Journal Pengaruh Kualitas
Pelayanan dan harga terhadap Kepuasan Pelangan”. Management
Analysis Journal, 1(4), 1–8.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj
Saladin, 2016. Manajemen Pemasaran dan Unsur-Unsur Inti Pemasaran. Dalam:
Manajemen Pemasaran, Edisi 4. Bandung: s.n., p. 71.
Sugiyono. ( 2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi
(MIXED METHODS ) , Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D
(Sutopo (Ed.); 2nd ed.). Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen, Cetakan ke-4, Alfabeta,
Bandung.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung
Sugiyono, 2010. POPULASI DAN SAMPEL angraini.blogspot.com. [Online]
http://lusi-angraini.blogspot.com/2011/12/populasi-dan-sampel.html
[Diakses 28 April 2020].
Sugiyono,2013.googleusercontent.com.[Online]http://repository.unpas.ac.id/
30363/6/BAB%20III. pdf [Diakses 28 April 2020].
Tjiptono, 2015. Pengertian Harga Menurut Para Ahli. [Online]
Available at:http://pengertianharga.blogspot.com/2016/03/pengertian-hargamenurut-para- ahli.html [Diakses 22 Maret 2020].
Published
2024-02-24