PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEPUASAN KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASTERHADAP PRESTASKERJA KARYAWAN PADA PT. GRAHA RESIK DSURABAYA

  • Florentina Rilanti Anut
  • Sri Suslilowati, M.Si Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 18 , PDF Journal downloads: 20
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi, Prestasi Kerja Karyawan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahudan menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, dan Budaya OrganisasTerhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Graha Resik dSurabaya. Untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan maka perlu adanya penggunaan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi sebuah instansi atau lembaga pemerintahan agar karyawan dalam melaksanakan suatu tugas lebih memotivas dan lebih semangat. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan khususnya Cleaning Service pada PT. Graha Resik di Surabaya yang berjumlah 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah ujp validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regreslinear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis regresi linear berganda adalah Y= 0,440+0,106(X1)+-0,007(X2)+0,750(X3). Artinya bahwa Hasil uji hipotesis t menunjukan bahwa Gaya Kepemimpinan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan dapat dilihat dari nilai sig 0,495 >0,05. Kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan dapat dilihat dari nilai sig 0,960>0,05. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasIkerja karyawan dapat dilihat dari nilai sig 0,000 <0,05. Hasil uji F menunjukan bahwa gaya kepemimpinan, kepuasan kerja, dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari nilai sig 0,000<0,05.

References

Ainanur dan Tirtayasa .S. (2018). “Pengaruh Budaya OrganisasI Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatra IUtara.
Ansory, F. A. dan Indrasari, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Indomedia Pustaka: Sidoarjo.
Alhudhori, M. Adriani, E. Zahar, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Insentif terhadap Motivasi Serta Dampaknya terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo.Ekonomis: IJournal Iof IEconomics Iand IBusiness, diakses pada 3(2) September 2019,pp.177-185
Fauzi, M. W. Muker.M. H. Andi. T. (2016). Pengaruh Budaya OrganisasI dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisas Sebaga Variabel Interving (Studi pada karyawan PT. Toys Games Indonesia Semarang). Journal Of Management Vol. 02 No. I02.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hutama, A., Hamid, D., dan Mayowan, Y. (2016). Pengaruh Pengalaman Kerja, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada karyawan bagian produks CV. IMEGAH ISEJAHTERA). Doctoral dissertation, Brawijaya University.
Kurnia, I .W. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bukit Sanomas. AGORA IVol. I6.No. I2.
Loana, S. I. Swasto. B. dan Gunawan E. N. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Keja terhadap Prestas Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. AXA Financial Indonesia Sales Office Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.7 No.1 Januari 2014 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id). FIA Universitas Brawijaya : Malang.
Mangkunegara A. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Mangkunegara A. P. (2005). Evaluas Kinerja Sumbe Daya Manusia. Penerbit Refika Aditama: Bandung.
Saragih A. L. P. dan Pradana. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan Serta IBudaya Organisas Terhadap Kinerja Kerja Karyawan Yayasan Kesehatan PegawaI Telkom Medan. I8(2), I135-136.
Suparno. W. E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Belajar: Yogyakarta.
Setiawan, E. Y. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan PT. ISS Indonesia di Rumah Sakit National Surabaya. E-Jurnal Ilmu Manajemen MAGISTRA vol 1 No.1, 1-11.
Susilo, J. Satria, H, B.(2019). Pengaruh Kepuasan KerjaTerhadap Turnover Intention yang di Mediasi Oleh Komitmen Organisasional Karyawan Kontrak. E-Jurnal Manajemen, IVol. I8, No. I6, 2019 :3700-3729
Tampi, B. J. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Indonesia, Tbk (Regional Sales Manado). Journal “Acta Diurna” Volume III.No.4 Tahun 2014.
Patras, D. Imurni. S dan IJan, A. B. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja dan Pemberian Insentif Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Pegadaian (persero) kantor Wilayah V Manado. IJurnal EMBA: Jurnal RisetnEkonomi. Manajemen Bisnis dan Akuntansi.
Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.,APU, (2018). Pembangunan dan Pengembangan Pariwisata. PT Refika Aditama Bandung.
Published
2024-03-16
Section
Articles