ANALISIS PENGARUH MEREK,HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE CHINA PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA

  • Ilham Putra Adi Pratama
  • Darto Irawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 17 , PDF Journal downloads: 17
Keywords: Merek, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Merek,Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone China Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dr.Soetomo Surabaya. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi Mahasiswa S1 FEB Universitas DR.Soetomo Surabaya yang menggunakan Smartphone China sebagai alat komunikasi sehari-hari, teknik pengambilan sampel menggunakan metode pengambilan sampel bersyarat (purposive sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 53 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya, dan teknik analisis yang digunakan ialah regresi linier berganda. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa (1) terdapat pengaruh positif Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone China Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas DR. Soetomo Surabaya dibuktikan dengan Fhitung 43,258 , dan signifikansi 0.00<0.05; (2) terdapat pengaruh positif pada Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone China Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas DR. Soetomo Surabaya dibuktikan dengan thitung 3,910 lebih besar dari ttabel 1.675 , tingkat signifikansi 0.000 <0.05; (3) terdapat pengaruh negatif pada Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone China Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas DR. Soetomo Surabaya dibuktikan dengan thitung -0,912 lebih kecil dari ttabel 1.675, tingkat signifikansi 0,366>0.05; (4) terdapat pengaruh positif pada Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone China Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas DR. Soetomo Surabaya Surabaya dibuktikan dengan thitung 3,150 lebih besar dari ttabel 1.675, tingkat signifikansi 0.003<0.05

References

A. H. SAEPUL, (2014) Metode Penelitian Kuantitatif aplikasi dan Pendidikan. Deepublish. Yogyakarta
Assauri, S.,(2015). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Akbar, M. F. D., Lubis, N., & Listyorini, S. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pemilik Iphone (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), hlm 322-333. Diunduh pada tanggal 13 Maret 2022, https://ejournal3.undip.ac.id
Ardianto, E. (2016). Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Rekatama Media. Bandung
A., Morissan M., dkk. (2012). Metode Penelitian Survei. Kencana. Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Alfabeta. Bandung

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
A, Rhivaka. (2017). Persaingan Smartphone Produk China Dengan Smartphone Produk Jepang Di Pasar Indonesia. eJournal Ilmu Hubungan Internasional,5(3):1041-1056. Diunduh pada 17 Agustus 2022,
https://ejournal.hi.fisipunmul.ac.id/site/?p=2355
Siyoto, S. M., & M. Ali S, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media. Publishing. Kediri
Galang, T (2021), Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada viewers Youtube Wardah channel Suhay Salim),Jakarta,Jurna lSekolah Tinggi Ilmu ekonomi,1(15). Diunduh pada tanggal 13 Mei 2022, http://repository.stei.ac.id/4329/
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hardani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Pustaka Ilmu.Yogyakarta
Kotler, P. & Keller, K. (2016). Marketing Management 15 Global Edition. Pearson Education Limited.United States of America
Kotler, P & Keller. K. (2013). Manajemen Pemasaran, Erlangga. Jakarta.
Kotler. P & Keller. K. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga: Jakarta.
Kotler, P & Gary Amstrong, (2018). Principles of Marketing. Global Edition. Pearson.
Nuraeni, S. D., & Suryawardani, B. (2017). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt. Niion Indonesia Utama Tahun 2017. Diunduh pada tanggal 13 Mei 2022,
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id
Purba, D. S., Kurniullah, A. Z., Banjarnahor, A. R., Revida, E., Purba, S., Purba, P. B., ... & Simarmata, J. (2021). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis : Medan.
Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Informasi Publik. (2017). Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Kementerian Komunikasi dan Informatika.Jakarta.
Saputra, F. J. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Iphone (studi kasus pada mahasiswa Universitas Dr.Soetomo Suarabaya). (Pernyataan skrispsi). Program Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo. Surabaya
Sitompul, S. S., & Irvan, I. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Smartphone Pada Asia Ponsel Pekanbaru. Procuratio: Jurnal IlmiahManajemen,7(3),310-320. (http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/48 3 diakses 6 januari 2022)
Saputra, M. A., Octavia, A., Roza, S., & Sriayudha, Y. (2019). Negara Asal Produk, Persepsi Kualitas dan Merek: Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis,10 (1).
(https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jseb/article/view/1121 diakses 6 januari 2022)

Sundari, R., & Christian, Y. H. (2021). Pengaruh Kode Etik Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Yang Terdapat Pada Kkp Mansur Arif. Land Journal, 2(2), 80-94. (https://ejurnal.poltekpos.ac.id diakses 13-03-2022)
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,. IKAPI .Bandung
Sugiyono, (2019). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
Subagiyo, R. (2021). Pengaruh Determinan Ekuitas Merek, Nilai Nasabah Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Umum Syariah di Jawa Timur. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Diundih pada tanggal 12 Mei 2022, (http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49911
Tjiptono. F & Gregorius. C. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi Offset.
Yogyakarta
Yadav, M., & Rahman, Z. (2017). Measuring Consumer Perception of Social Media Marketing Activities In E-commerce Industry: Scale development & validation. Telematics and Informatics, 34(7), hlm 1294-1307.
Published
2024-03-16
Section
Articles