PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. JACCS MPM FINANCE INDONESIA TABANAN BALI

  • Muhammad Ivan Syahreza
  • Bambang Raditya Purnomo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 41 , PDF Journal downloads: 31
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening pada PT. JACCS MPM Finance Indonesia Tabanan Bali. Penelitian ini berfokus pada masalah kinerja karyawan yang mana dituntut untuk mencapai target perusahaan yang telah ditentukan. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer serta data sekunder yang diperoleh dari kuesioner sebanyak 45 karyawan atau responden dan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh atau tenik sensus. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan inner model dan outer model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t-statistik 2,213 dan p-value 0,027, kompensasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t-statistik 4,072 dan p-value 0,000, motivasi kerja (Z) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t-statistik 2,098 dan p-value 0,036.  Variabel motivasi kerja tidak memediasi variabel gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t-statistik 1,898 dan p-value 0,058, dan motivasi kerja memediasi kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan nilai t-statistik 1,981 dan p-value 0,048.

References

Alexander G, D. E. (2016). “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada PT. LG Bagian Penjualan Indonesia Semarang)”. Diponegoro Journal Of Manajement,1-12.
Ardiansyah, M. (2021). “Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Nusira Medan”. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Brahma, S.P. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Lingkungan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening”. (2014). Jurnal. Universitas Diponegoro. Semarang.
Dito, A. H. (2010).” Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Slamet Langgeng Purbalingga Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal. Universitas Diponegoro. Semarang.
Fernanda, R. (2016). “Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan”. Jurnal Nominal/Volume V Nomer 2/Tahun 2016, 81-95.
Hardiyanto, S. E. (2021). “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT Shopee International Indonesia)”. FOCUS Journal of Social Studies, 2, 15-26.
Imtiyaz, D. F. (2020). “Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Labora Duta Anugrah Surabaya”. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia). Surabaya.
Laan, R. (2016, November). “Pengaruh Kompensasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Dan Kinerja Pegawai”. 2, 41-51.
Latif, R. R. (2018). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Prima SR Hotel & Convention Yogyakarta”. Jurnal. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Meithiana I, A. S. (2018). “Pengaruh Gaya kepemimpinan, Kerjasama Tim, Komunikasi Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak”. Soetomo Business Review Volume 1 Edition 1 Page 27-40, 1, 27-40.
Meithiana I, N. S. (2018). "Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Dosen". Akademika; Vol. 16 No.1 Februari 2018, 16, 50-59.
Nuraeni, M. A. (2019). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja Di Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng". YUME : Journal of Management, 2.
Nurhawaena. (2019). "Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Intervening". Jurnal. Universitas Islam Negeri Alauddin Maksassar. Makassar.
Priyanto, W. B. (2016). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening". Ekonomika-Bisnis, 105-114.
Rahardjo, S. d. (2019). "Pengaruh Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Elkau". Journal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 41-47.
Supriyono, B. N. (2021). "Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja" (Vol. 5). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi).
Willy, J. d. (2009). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. BPFE: Yogyakarta.
Yani, N. W. (2019). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Karyawan dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening". International Journal of Social Science and Business., 56-62.
Zainuri, M. d. (2018)."Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening". Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1, 37-48.
Published
2024-03-16
Section
Articles