PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI SURABAYA

  • Teuku Bryner
Abstract views: 67 , PDF Journal downloads: 42
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda di Surabaya". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Honda di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 21. Populasi penelitian adalah konsumen yang membeli dan menggunakan sepeda motor Honda di Surabaya dan sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, dan teknik pengambilan sampel non probabilitas yang dipilih adalah purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas produk, kualitas layanan, dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Honda di Surabaya. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R­-Square) sebesar 0,944 artinya kepuasan konsumen sepeda motor Honda di Surabaya dipengaruhi oleh variabel kualitas produk, kualitas layanan, dan harga sebesar 94,4%. Sedangkan sisanya sebesar 5,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

References

Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23-37.
Aditya, R. B. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan air minum dalam kemasan (the influence of product quality, service quality, and price on customer satisfaction of bottled drinking water).
Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. Kinerja, 13(2), 99-118.
Azhari, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).
Azhari, A., Hairudinor, H., & Rahmawati, E. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Vinila Textile Dan Accessories. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 9(1), 36-51.
Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga produk terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu xl di manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3).
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762-6781.
Chaniago, H. (2020). Analisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga pada loyalitas Konsumen nano store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 2020.
Hanggara, R. B. (2017). Pengaruh Strategi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Doctoral dissertation, STIE Ekuitas).
Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021, October). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 142-155).
Novrianda, H. (2018). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 25(2), 28-35.
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-122.
Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).
Prihastono, E. (2012). Pengukuran kepuasan konsumen pada kualitas pelayanan customer service berbasis web. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik.
Putera, A. K., & Wahyono, W. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 7(1), 110-119.
Ridho, M. A., & Mahargiono, P. B. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Fastfood Indonesia, tbk (Studi Kasus KFC Cabang BG Junction Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(6).
Setiawan, A. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja dan kepuasan kerja. Agora, 5(2).
Suhairi, D. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt. Honda Autobest Bandung. Media Bina Ilmiah, 14(3), 2539-2548.
Sulistyarini, D. H., Arifianto, E. Y., & Angger, K. (2018). Analisis pengendalian kualitas produk pada proses body repair di cv top mobil malang. Prosiding Seniati, 124-129.
Syahroni, I., Lukiana, N., & Kasim, K. T. (2018, August). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. In Proceedings Progress Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 206-212).
Tuju, R. E., & Loindong, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Sepeda Motor Yamaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Hasjrat Abadi Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Wijaya, A. (2018). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, persepsi harga, dan asosiasi merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Bisnis Terapan, 2(01), 1-16.
Published
2024-03-16
Section
Articles