PENGARUH STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAPKINERJA KARYAWAN DI PT. SUMBER REJEKI AGUNG SURABAYA

  • Wahyu Wicaksono
Abstract views: 21 , PDF Journal downloads: 19
Keywords: Pengaruh Stres Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Sumber Rejeki Agung. PT. Sumber Rejeki Agung merupakan perusahaan general trading atau ritel yang mejual alat safety equipment, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Sumber Rejeki Agung, baik secara pasial maupun simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan sebuah kuesioner yang akan dibagikan kepada seluruh karyawan, dengan jumlah responden sebanyak 43 karyawan di PT. Sumber Rejeki Agung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya pengaruh stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Sumber Rejeki Agung. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa variabel stres kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) memberikan pengaruh sebesar 71,3% terhadap kinerja karyawan (Y) PT. 24 Jam Online. Sedangkan sisanya sebesar 28,7% merupakan kontribusi variabel lain selain dari stres Kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2), hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung ≥ Ftabel yaitu 53,086 ≥ 3,23, artinya secara simultan stres kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y), sedangkan uji t untuk variabel stres kerja (X1) menunjukkan -thitung ≤ -ttabel  (-3,052 ≥ -2.021) dan nilai signifikan lebih kecil dari pada alpha sebesar 0,05 (0,004 ≤ 0,05), artinya stres kerja (X1) secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y), dan uji t untuk variabel lingkungan kerja (X2) juga menunjukkan thitung ≥ ttabel (6,067 ≥ 2.021) dan nilai signifikan lebih kecil dari pada alpha sebesar 0,05 (0,000 ≤ 0,05), artinya lingkungan kerja (X2) secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y).

References

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Gaol, J. L. (2014). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Diponegoro.

Hasibuan, M S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.
Herdianti, H. (2019). Pengaruh Stres Kerja Terhadap kinerja Karyawan Pada Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makasaar, Makassar.
Mangkunegara, A.A. & Prabu, A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Rivai, V. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik.. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ronal, D & Hotlin, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Super Setoia Sagita Medan. Medan.
Santoso. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Siagian. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Siregar. (2016) . Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara, Jakarta.
Sobirin, A. (2016). Perilaku Organisasi. Universitas Terbuka, Banten.
Soedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT Refika Aditama, Bandung.
Soedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT. Refika Aditama, Bandung.
Suryadi, P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 13, Alfabeta, Bandung.
Surya, S. 2013. Metode Penelitian. PT. Rajawali Pers, Jakarta.
Suwatno, D. J. P. (2016). .Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta, Bandung.
Suwatno, D. J. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Tiarai, N. (2021). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap kinerja Karyawan. Skripsi, Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Published
2024-03-16
Section
Articles