PENGARUH BRANDING PERUSAHAAN DAN KOMPENSASI TERHADAP MINAT MELAMAR PEKERJAAN BAGI MAHASISWA DAN ALUMNI PERGURUAN TINGGI KOTA SURABAYA DI PT. BMA

  • Sania Nur Makrufa
  • Drs. Saibat, MM Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 86 , PDF Journal downloads: 54
Keywords: Branding Perusahaan, Kompensasi, Minat Melamar Pekerjaan

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Branding Perusahaan dan Kompensasi terhadap Minat Melamar Pekerjaan bagi Mahasiswa dan Alumni Perguruan Tinggi Kota Surabaya di PT. BMA. Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan yaitu branding perusahaan        dan kompensasi sedangkan variabel yang dijadikan penguji yaitu variabel dependen menggunakan      minat melamar pekerjaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang dipakai menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dihasilkan dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti, sedangkan data sekunder didapat dari data pelamar perusahaan dan biografi perusahaan. Analisis yang digunakan adalah melakukan tabulasi terhadap kuesioner, pengumpulan data yang berupa uji validitas dan reliabilitas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah  terdapat pengaruh branding perusahaan dan kompensasi terhadap minat melamar kerja. Untuk menguji hipotesis digunakan alat analisis data berupa regresi linier berganda. Hasil penelitian yang  diperoleh berdasarkan Uji Validitas menunjukkan ada seluruh pertanyaan pada kuesioner dinyatakan valid. Untuk Uji Reliabilitas dari semua variabel diperoleh nilai cronbach alpha> 0,5 maka dinyatakan reliabel dan untuk Uji Hipotesis berdasarkan Uji F, Uji t, dan Adjusted R2 menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara branding perusahaan dan kompensasi terhadap     minat melamar pekerjaan dengan tingkat signifikansi 5%. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung untuk variabel branding perusahaan (XI) sebesar 5,553, variabel kompensasi (X2) sebesar 1,991.

References

Ahmad, N. A. (2016). Engaging people with employer branding. Procedia Economics and Finance, 35, 690–698.
Ardana, K. M., dan Mudiartha, D. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Artana, I. W. (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan . Jurnal Perhotelan dan Pariwisata.
Backhaus, K. (2004). “Conceptualizing and researching employer branding”. Career Development International: 9(5), 501-517.
Barber, A. E. (1998). “Recruiting Employees: Individual and organizational Perspectives”. Thousand Oaks. CA: Sage Publications.
Berthon, P. E. (2005). “Captivating company: Dimensions Of Attractiveness In Employer Branding”. Internaional Journal Of Advertising, 24 (2).
Cable, D. A. (2001). ’Establishing The Dimensions, Sources and Value of JobseekersEmployer Knowledge During Recruitment”. Research in Personnel and Human Resources Management., Vol. 20, pp. 115-163.
Chhabra, N, dan Sharma, S. (2014). ”Employer Branding: Strategy For Improving Employer”. International Journal of Organizational Analysis, 22(1), 48–60.
Dawn, S. K. (2010). Employer branding: A new strategic dimension of Indian corporations.
Ekhsan, M., Jayanti, N. P., & Parashakti, R. D. (2021). Pengaruh Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan dengan Kompensasi sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK).
Erlinda, F. (2020). Pengaruh Branding Perusahaan, Reputasi Perusahaan, dan Website Recruitment Terhadap Minat Melamar Kerja Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang di PT. Bank Syariah Mandiri.
Fatimah, S., Mukhtar, A. K., & Kusniawati, A. (2021). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Kerja. Tasikmalaya.
Febrianti, D. I., & Hendratmoko, C. (2021). Pengaruh Kompensasi, Karakteristik Pekerjaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Minat Melamar Pekerjaan. Surakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.
Ferizal, I. (2016). Jorney to be Employer Of Choice. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. d. (2015). Teknik Aplikasi Menggunakan SmartPLS untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro: Semarang.
Handi, & Safitri, W. (2023, Mei 1). Pengaruh Reputasi Perusahaan, E-Recruitment, dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Kerja di Kabupaten Bekasi. Retrieved from JAMBURA: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Indrasari, M., Syamsudin, N., Purnomo, R. B., & Yunus, E. (2019). Compensation, organizational communication, and career path as determinants of employee performance improvement. Humanities & Social Sciences Reviews .
Indrasari, M., Syamsudin, N., Purnomo, R., & Yunus, E. (2019). Compensation, Organizational Communication, and Career Path as Determinants of Employee Performance Improvement. GIAP Journals.
Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Jogiyanto. (2011). Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.
Kasiram, M. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. BEFF: Yogyakarta.
Lacroix, M. A.-S. (2001). A multivariate analysis of 416 patients with glioblastoma multiforme: prognosis, extent of resection, and survival. Journal of neurosurgery, , 95(2), .
Leekha Chhabra, N. &. (2014). Employer branding: strategy for improving employer attractiveness. International Journal of Organizational Analysis, 22(1), 48-60.
Martoyo, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-1. BPFE: Yogyakarta.
Mazidah, W. G. (2019). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kompensasi Finansial Terhadap Minat Melamar Kerja Di Pt Pembangunan Perusahaan (Persero) Tbk. Manajemen. Universitas DR. Soetomo: Surabaya.
Mega, A. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kompensasi Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Dunia Garmen Indonesia.
Octavianus, S. (2014). Pengaruh Reputasi Perusahaan, Deskripsi Pekerjaan dan Kompensasi yang Ditawarkan Perusahaan Terhadap Minat Melamar Pekerjaan. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Permadi, K. D., & Ketut Netra, I. G. (2015). Pengaruh Reputasi, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Oleh Mahasiswa Universitasi Udayana. Harian Regional. Vol 4 No 10, 3256-3286.
Power, D. &. (1985). Soelberg's job search and choice model: Clarificaton, review, and critique. The Academy of Management Review, 10(1), 45-58. https://doi.org/10.2307/258211.
Power, D. &., & dag, R. J. (1985). Soelberg's job search and choice model: Clarification, review, and critique. The Academy of Management Review, 10(1), 48–58. https://doi.org/10.2307/258211.
Reksoatmodjo, T. N. (2009). Statistika untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Rizqi, A. R. (2023). Orientasi Branding dan Pemasaran Online Bersama PKK, Karangtaruna, dan UMKM Desa Sidomulyo Kec. Mantup Kab. Lamongan. Journal of Community Service, 5(4), pp.477-486.
Rizqi, A. W. (2023). Orientasi Branding Dan Pemasaran Online Bersama Pkk, Karangtaruna, Dan Umkm Desa Sidomulyo Kec. Mantup Kab. Lamongan. DedikasiMU: Journal of Community Service, 5(4), 477-486.
Said, S. P., & Syahnur. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(2):47-59.
Salamah, N., Purwanto, T., & Rosanti, C. (2023). Pengaruh Employer Branding, Media Sosial, dan Persepsi Terhadap Niat Melamar Kerja Pada Industri Startup. Pekalongan, Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Pekajangan .
Shalahuddin, Sari, M. F., & Hidayat, N. (2022). Peran Kompensasi dan E-Recruitment: Analisis Minat Melamar Pekerjaan Pada Calon Karyawan atau Pegawai Generasi Millenial. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 6, No. 1, 66-80.
Sharma, R. (2018). Employer Brand and its unexplored impact on intent to join. International Journal of Organizational Analysis.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). ALFABETA: Bandung.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA: Bandung
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Turban, D. (2003). Firm reputation and applicant pool characteristics. Journal of Organizational Behavior: 24(6), 733-751.
Yuwono, E. (2001). Hubungan Antara Minat Pekerjaan di Bidang Keperawatan dan Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Daerah. Journal Buletin Penelitian RSUD Dr. Soetomo, 4(1), 114-125.
Published
2024-03-16
Section
Articles