PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SALON KECANTIKAN TIARA SURABAYA

  • Khoirun Nisa
  • Ilya Farida Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 199 , PDF Journal downloads: 128
Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis semakin pesat. Pada hakikatnya perempuan ingin terlihat menarik. Oleh karena itu sebagai pelaku usaha harus selalu memperhatikan harga, perkembangan dan juga peningkatan kualitas pelayanan setiap tahunnya. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peningkatan dan penurunan, Tiara Nail Art Surabaya mengalami penurunan pada tahun 2020 – 2021 dikarenakan banyaknya pesaing yang mulai membuka bisnis kecantikan salah satunya yaitu nail . dalam penelitian ini Tiara Nail Art berada di tengah fenomena persaingan yang semakin ketat. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan konsumen dan strategi pemasaran dengan membentuk pelanggan yang loyal untuk meningkatkan pasar yang lebih luas melalui harga dan kuaitas layanan.

Metode penelitian menggunakan Pendekatan kuantitatif. Populasi sampel adalah 80 Pelanggan Tiara Nail Art Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan Kuesioner (Angket) dan Wawancara. Teknik analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel Harga dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan Tiara Nail Art Surabaya.

References

Bilgies, A. F. (2016). “Peran Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Klinic Sidoarjo”. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1).
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran)”. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211-224.
Hartatik, H., & Susanti, A. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Ella Skincare”. Jurnal Akuntansi & Bisnis, 8(1).
Irdiana, I., Armin, R., & Hidayat, M. S. (2019). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada
Klinik Klinik Clarice Mojokerto”. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Majapahit).
Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.
Kinasih, P. A. (2020). “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Ella Skin Care (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)”. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Meithiana, I. (2019). "Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan." Unitomo Press. Jawa Timur.
Miladiah, M. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Noorika Beauty Metland Cibitung”. (Doctoral dissertation, Universitas Islam “45” Bekasi).
Mufarokhah, N. (2022). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Klinik Kecantikan Violetta Beauty & Health Center Gresik”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 7(01), 40-55.
Pinaraswati, S, O, dan Farida, I. (2021). "Analisis Keputusan Pembelian Fastfood Berdasarkan Kualitas Layanan, Harga Dan Kualitas Produk Di Masa Pandemi." Jurnal Eksekutif 18.2: 268-278.
Pratama, R. B. (2019). “Realisasi Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai YangDipengaruhi Oleh Pencairan Tunggakan PajakAtas Penagihan Pajak Dan Jumlah Pengusaha Kena Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying Tahun 2014- 2017)”. (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Salsabila, E. A. Z. (2022). “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelangan Pada Klinik Kecantikan Mecca Beauty Center”. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Trianto, F. E., Azhad, M. N., & Hermawan, H. (2022). “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Salon Sheryl”. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship(JME), 1(7), 1440-1449.
Published
2024-04-27
Section
Articles