PENGARUH LIVE STREAMING, VIDEO PROMOTION, DAN E-WOM TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA TIKTOK SHOP DI SURABAYA

  • Yusnita Setyoningsih
  • Sutarmin Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 379 , PDF Journal downloads: 265
Keywords: Komunikasi, Teknologi, Digitalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaiamana pengaruh live streaming, video promotion, dan E-WOM terhadap Impulsive Buying pada TikTok Shop di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang tinggal menetap di Surabaya dan aktif menggunakan aplikasi TikTok Shop serta pernah melakukan pembelian di TikTok Shop. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dimana sampel dipilih berdasaran kriteria tertentu dengan menggunakan rumus lemeshow, dan menghasilkan sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, Uji R², uji t, dan uji F dengan menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel Live Streaming (X1), Variabel Video Promotion (X2), dan Variabel E-WOM (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying (Y) pada TikTok Shop di Surabaya secara parsial dan simultan.

References

Degey, S. (2016). Perancangan Video Promosi Pariwisata Kab. Nabire: studi kasus Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Nabire (Doctoral dissertation, Program Studi Desain Komunikasi Visual FTI-UKSW).
Dr. Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (D. I. S. S.Pd MT (ed.)). ALFABETA, cv.
Emmelia Nadira Satiti, SE, M. (2018). Pengaruh Media Sosial Dan Teknologi Sebagai Strategi Pemasaran Yang Efektif Dalam Menarik Minat Wisatawan Pantai Nglambor Gunung Kidul. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Kotler, dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muruganantham, G & Bhakat, R.S. (2013). A review of impulse buying behavior. International Journal of Marketing Studies, 5(3), 149-160. ISSN: 1918-719X. E-ISSN: 1918-7203.
Song, M. C., & Prof. Yu-li Liu. (2021). The effect of live-streaming Shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China. 23rd Biennial Conference of the International Telecommunications Society (ITS): “Digital Societies and Industrial Transformations: Policies, Markets, and Technologies in a Post-Covid World”, Online Conference
Sunarto. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter, p-ISSN 2355-2700 e-ISSN 2550-0139, V(1), 35–43.
Published
2024-05-31
Section
Articles