PENGARUH PELAYANAN, HARGA, DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRANSMART SURABAYA

  • Frissa Swasty Restu
  • Slamet Riyadi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 228 , PDF Journal downloads: 175
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Suasana Toko, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan suasana toko terhadap keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang responden dari Transmart Rungkut Surabaya dan kemudian dilakukan analisis terhadap data dengan menggunakan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F dan analisis koefisien determinasi ().Hasil dari pengujian hipotesis, dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa ada dua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen, yaitu variabel kualitas pelayanan (X1) dan variabel suasana toko (X3). Sedangkan satu variabel independen lainnya yaitu variabel harga (X2) diteliti terbukti tidak secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Angka R Square sebesar 0,390 menunjukkan 39,0 persen variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 61,0 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

References

Astral, Saputra Jaya, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian. 01, 23-33
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2006). Metode riset bisnis. Jakarta: Penerbit Media Global Edukasi
Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung
Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivriate dengan Program IBM SPSS”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Garry, Amstrong, Philip, K. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Dan 2. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas). Erlangga. Jakarta.
Kurnia, D. (2020). Pengaruh Customer Service, Location, Store Design, Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 186–199. Https://Doi.Org/10.35760/Eb.2020.V25i2.2591
Kusumawati, Kumadi, Putri, L, S. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Admin Istrasi Bisnis, 2, 1–19.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2004. “Dasar-Dasar Pemasaran”. Edisi kesembilan.PT Indeks. Jakarta
Lupiyoadi. (2014). Strategi Pemasaran. Andi , Yogyakarta.
Rustam Ananda Triana, N. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Carrefour Kepri Mall Batam. PT. Trans Retail Indonesia. Jurnal Ilmiah Kohesi Vol. 4 No. 3 Juli 2020. 4(3), 149–155
Sopiah, & S. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Andi , Yogyakarta.
Swata, Basu. (2011). Manajemen Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Lyberty
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-23. Bandung: CV Alfabeta
Santoso, S. (2015). Menguasai statistik parametrik: Konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta, id: Elex Media Komputindo
Tjiptono, Fandy. (2008). Service Management,Mewujudkan Layanan Prima. Andi , Yogyakarta
Tjiptono, F Dan G. Chandra. (2012). Pemasaran Strategis. Edisi Kedua. Andi.Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Andi , Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Penerbit Andi: Yogyakarta.
Utami, Christina Whidya. (2013). Manajemen Ritel: Strategi Dan Implementasi Modern. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat
Published
2024-05-31
Section
Articles