PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN NASI KRAWU HABBAH SUFA GRESIK)

  • Ika Puspita Sari
  • Wiwiek Harwiki Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 128 , PDF Journal downloads: 74
Keywords: Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian, Kualitas Makanan, Persepsi Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Rumah Makan Nasi Krawu Habbah Sufa Gresik dengan jumlah sampel sebesar 90 resonden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden dan selanjutnya dianalisis menggunakan software SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan (1) variabel Persepsi Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (2) Variabel Kualitas Makanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Variabel Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelangan. (4) Variabel Kualitas Makanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelangan. (5) Variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (6) variabel Persepsi Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Pelangan. (7) variabel Kualitas Makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Pelangan.

References

Amalia, I. K., & Maskur, A. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Kabupaten Kendal). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 166-172.
Harwiki, W., & Hidayat, A. W. (2021). Karakteristik Celebrity Endorser Untuk Meningkatkan Minat Beli Kosmetik” W” Di Surabaya. Jurnal Dimensi, 10(3), 497-509.
Irawan, I., Sulistyono, S., & Tanjung, S. P. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Schneider Electric €“Cikarang Plant. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 179-188.
Kapirossi, B., & Prabowo, R. E. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1): 66-73.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., He, H. (2019). Principles of Marketing. Britania Raya; Pearson Education
Mas’ari, A, dkk (2019), Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada Pt. Haluan Riau, Jurnal Teknik Industri, Vol.5, No.2.
Ningrum, D. T. C., & Isa, M. 2023. Pengaruh Persepsi Harga, Social Media Marketing, Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Selat Vien’s Solo). SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2): 193-212.
Nisak, S. C., Pudyaningsih, A. R., & Hastari, S. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Mr. Crunch. Jurnal EMA, 5(2): 54-65.
Pinaraswati, Sandra O., Saibat, Baruno, A, D,. & Safinatun. 2023. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Nasi Krawu Khas Gresik Jawa Timur. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 20 (1): 28-36.
Sander, D. A., Chan, A., & Muhyi, H. A. (2021). Keterkaitan Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tinjauan Sistematis Literature Review. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(3), 241-257.
Sentoso, F. 2019. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Crunchaus Salads Di Pakuwon Mall Surabaya. Agora, 7(2) : 1–9.
Syach, A., & Anggrainie, N. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Brand Equity Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran Cepat Saji Kfc Di Jakarta. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(12): 130-140.
Sihombing, R. E., Nugroho, S. D., & Toha, E. 2023. Citra Merek, Lokasi, Dan Persepsi Harga Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4): 1215-1231.
Tahir, M. (2023). Analisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Manajemen, 19(2), 378–385.
Tjiptono, F., & Diana, A. 2022. Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan. Penerbit Andi (Ed).
Wardhani, A. R., Kusnadi, E., & Tulhusnah, L. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Interveing Pada Café Azalea Di Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4): 807-822.
Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. 2022. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu €“Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3): 388-399.
Worotikan, A. L., Massie, J. D., & Tawas, H. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Ikan Bakar Kinamang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1277-1285.
Published
2024-10-24
Section
Articles