PENGARUH MEDIA SOSIAL, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COFFEE SHOP KARMENSEVE DI SURABAYA

  • Natasya Nova Ramadhani
  • Agustiawan Djoko Baruno Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 117 , PDF Journal downloads: 93
Keywords: Media Sosial; Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung pada coffe shop Karmenseve. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel 120 responden. Data primer diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil uji-t, diketahui bahwa media sosial mempunyai hubungan yang positif serta berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dengan nilai sebesar 0,000. Kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang positif serta berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dengan nilai sebesar 0,004. Kualitas Produk mempunyai hubungan yang positif serta berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 dengan nilai sebesar 0,073. Berdasarkan uji F diketahui bahwa secara simultan media sosial, kualitas pelayanan, dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara bersama – sama terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Anggraeni, D. I. Y. A. H. (2021). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Dan Samsung Di Kota Bandar Lampung Da-lam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 1-49. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17837
Assauri, Sofjan. 2011.Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage. Indone-sia, Jakarta.
Baruno, A., & Sari, W. S. K. (2022). Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Elektronik. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 6(1),1–14. https://doi.org/10.25139/jiabi.v6i1.4405
Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective.
Howard, P.N., Parks, M.R. (2012). American Behavioral Scientist, Vol. 45 No. 3.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Rajagrafindo Persada.
Maulana, M. H., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2023). Pengaruh Media Sosial, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Lelette Coffee Sigura-Gura). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02). http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8693
Magdalena, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer behavior: Building marketing strategy. McGraw-Hill Education.
Novita Sari A, Hendrarini H, Pengaruh Cita Rasa, Promosi melalui Media Sosial, Store Atmosphere, dan Kualitas Pelayanan dengan Harga sebagai Variabel Intervening terhadap Keputusan Pembelian di Coffee Shop Scope Coffe Tuban Wijayanti PJurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (2023) 23(3) 3276. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.3692
Oktrichaendy, F., Pradhanawati, A., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadapa Keputusan Pembelian Pada Lost In Coffee Semarang. 11(3), 452–460.
Philip Kotler, & Kelle, K. L. (2016). Marketing Management, 15/E. Global Edition (14th Globa). Pearson.
Putra, J. C., & Talumantak, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Kenangan Kota Kasablanka. Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 26-39. https://doi.org/10.54783/jin.v4i3.590
Ratnasari, A. D., & Harti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4, 1–11. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/238
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. ANDI.
Sapitri, N. (2021). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Pada Ibu Rumah Tangga Di Nagari Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX. 121. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52763
Schiffman, Leon G., & Kanuk, Leslie L. (2011). Perilaku Konsumen (Edisi 8). Jakarta: PT Indeks.
Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175. DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v5i2.331
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suryani, Tatik. (2010). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.
Teguh, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Menentukan Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada Barbershop Di Mataram (Doctoral dissertation,Universitas_Muhammadiyah_Mataram).https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1219
Tjiptono, F. (2011). Service Quality and Satisfaction Edisi 3. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Stategik. Edisi 2. Yogyakarta: CV. ANDI
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. PT Indeks Kelompok Gramedia.
Published
2024-10-24
Section
Articles