PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN FLASHSALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi kasus mahasiswa FEB Unitomo angkatan 2020-2021)

  • Apliana Mince Bili
  • Wiwik Budiarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 178 , PDF Journal downloads: 130
Keywords: Harga, Flashsale, Kualitas Produk, Keputusan pembelian.

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Flashsale terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee." Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2020-2021, dengan sampel yang diambil melalui teknik purposive sampling, berjumlah 173 responden. Data primer dikumpulkan langsung dari responden melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk, harga, dan flashsale memiliki pengaruh simultan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. (2) Kualitas produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. (3) Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. (4) Flashsale berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee.

References

Agrawal, S., & Abhinav Sareen, S. (2016). Flash Sales–The Game Changer in Indian ECommerce Industry. International Journal of Advance Research and Innovation, 4(1), 192-195.
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta.
Bawono, A.(2018). EKONOMETRIKA TERAPAN untuk ekonomi dan bisnis islam aplikasi dan eviews.
Belch (2018) "Pengaruh Event Marketing Terhadap Minat Beli Mobil Daihatsu All New Terios" oleh mahasiswa di Telkom University.
Banowati, A. I., Ahmad, A., & Nabila, N. I. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee Di Banda Lampung. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 642–648.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2020. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Firmasnsyah, A. 2020. Pengantar E-Marketing. Qiara Media, Surabaya.
Firmasnsyah, A. 2020. KOMUNIKASI PEMASARAN. Qiara Media. Surabaya.
Firmansyah, A. 2019. Perilaku Konsuemen (Sikap Dan Pemasaran). CV. Qiara Media. Surabaya.
Firmansyah, A. 2019. Pemasaran : Dasar dan Konsep. Qiara Media. Surabaya.
Hapsari, R,. Ratnawati, K,. dan Anggraeni, R. 2020. Entrepreneurial Marketing. Universitas Brawijaya Press. Malang.
Ghozali, (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: badan penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jusuf, D.I. 2018. Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Andi. Bandung.
Kannan, N., Babu, K., Y. J., & Narasimhan, S. (2016). Social media, Flash Sale, and the Maker Movement: An Empirical Analysis.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Manajement. New Jersey: Prentic Hall, Pearson Hall, Pearson Education, Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited.
Lupiyodi, Rambat. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Njoto, D. P. (2018). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen wenaktok. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. Dan R&D. Bandung Afabeta, CV.
Sujarweni, (2020). SPSS untuk Penelitian, Akuntansi Biaya.
Sattar. 2017. Buku Ajar Pengantar Bisnis. Deepublish. Yogyakarta.
Tjiptono, F.,& Gregorious,C. (2016). Service Quality dan Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: CV Andi Offset
Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh flash sale terhadap pembelian implusif online pada toko online “pulcharagallery”. Jurnal manajemen dan bisnis,4(1).
Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 63–70.
Published
2024-10-24
Section
Articles