PENGARUH STORE ATMOSPHERE, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN JAGO 2 TOSERBA DI WAGE SIDOARJO


Abstract
keputusan pembelian konsumen jago 2 toserba di Wage Sidoarjo, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk di Jago 2 Toserba yang melakukan transaksi pembelian lebih dari 2 kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dekriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1).Variabel Store Atmosphere, Harga dan Lokasi secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian terbukti dengan (0,000 < 0,05),(2).Variabel Store Atmosphere berpengaruh secara parsial dengan taraf signifikan terhadap keputusan pembelian terbukti dengan taraf signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05),(3).Variabel Harga tidak berpengaruh secara parsial dengan taraf signifikan terhadap Keputusan Pembelian terbukti dengan taraf signifikan lebih besar dari 0,05 (0,254>
0,05),(4).Variabel Lokasi berpengaruh secara parsial dengan taraf signifikan terhadap Keputusan
Pembelian terbukti, dengan taraf signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,034< 0,05 danVariabel Store Atmosphere ( X1) berpengaruh paling dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) karena mempunyai nilai thitung yang lebih besar daripada variabel yang lainnya yaitu 5,433.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Harga, Lokasi, Keputusan PembelianReferences
Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Maya Di Kec. Randublatung Kab. Blora. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(1).
Amelia, M. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Arianto, D. P. H., & Satrio, B. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).
Clarissa, M. (2014). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Harga, Keragaman Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Goro Assalam
Hypermart (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Febriatmoko, A. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen palapa toserba Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(4), 445-451. Etzel, M.J. & Danang Sunyoto,2014.
Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016). Pengaruh kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di AHASS Z618. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).
Irawan, D. T. B., & Satrio, B. (2015). Pengaruh produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil avanza. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(9).
Irfan, I. G., & Juanim, H. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Hisana Fried Chicken (Survey pada Konsumen Hisana Cabang Sarirasa Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Unpas Bandung). ……………………………………
kotler & Keller, 2013. Buku Teori kumpulan Referensi buku. [Online]
Available at: https://bukuteori.com/2018/09/19/loyalitas-konsumen/
Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), 73-82.
Lee, S., Guoxing, p. f., Meunghooh & Changsu Rhee, 2012. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689-1699.
Lestari, P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Pada Mahasiswa
Reguler Strata 1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan
Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UnpasBandung).
Lupiyoadi, 2013. Manajemen pemasaran Modern. [Online] http://ejurnal.bunghatta.ac.id
Makarim, M. F. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Fajar Toserba Mandirancan) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). Philip kotler & Kevin Lane, 2017. manajemen pemasaran. s.l.:s.n.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019, October). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. In Prosiding Seminar Nasional
Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).
Nisak, C., & Lubis, N. (2016). Pengaruh Harga, Keragaman Model Produk, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Toko Tas Online Sabilla Store. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 309-320.
Pancaningrum, E. (2017). Visual merchandise dan atmosfer toko: Pengaruhnya terhadap keputusan pembelian impuls. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 17(1).