PENGARUH HARGA, PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEEFOOD DI SURABAYA

  • m sholahuddin Universitas Dr. Soetomo
  • Darto Irawan Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 82 , pdf downloads: 70
Keywords: Harga, Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Promosi Penjualan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pesan Antar Makanan Online ShopeeFood Di Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan ShopeFood selama minimal 2 kali dalam 2 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode pendekatan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Dan teknik analisis digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada jasa pesan antar makanan online ShopeeFood di Surabaya dibuktikan dengan Fhitung 25,091, dan signifikansi 0.00<0.05; (2) terdapat pengaruh positif pada Harga terhadap Keputusan Pembelian pada jasa pesan antar makanan online ShopeeFood di Surabaya dibuktikan dengan thitung 2,619 lebih besar dari ttabel 1.660, tingkat signifikansi 0.005<0.05; (3) terdapat pengaruh positif pada Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada jasa pesan antar makanan online ShopeeFood di Surabaya dibuktikan dengan thitung 2,896 lebih besar dari ttabel 1.660, tingkat signifikansi 0.010<0.05; (4) terdapat pengaruh positif pada Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada jasa pesan antar makanan online ShopeeFood di Surabaya dibuktikan dengan thitung 4,767 lebih besar dari ttabel 1.660, tingkat signifikansi 0.000<0.05.

 

Kata Kunci: Harga, Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

References

Asih, P. S., Rawi, R. D. P., & Rahayu, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fastfood KFC Di Kota Sorong (Studi Kasus Mega Mall Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 352-356.
Bisnis, J. A., Korowa, E., Sumayku, S., Jurusan, S. A., Administrasi, I., & Bisnis, A. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). 6(3).
Cara Menggunakan Kode Voucher Shopee Food Diskon 100%. (n.d.). Retrieved February 22, 2022, from https://pintarjualan.id/voucher-shopee-food/
Cholili, R. N., & Rachmi, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Gopay (Studi Pada Konsumen Gofood Di Kota Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1).
Ginting, S. T. U. A., & Ginting, A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Jasa Teratai Laundry Medan. JURNAL REGIONOMIC, 3(1), 7-16.
Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(01). https://doi.org/10.30596/JIMB.V14I01.113
Harga - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved February 27, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Harga
Kadisperindag : PDRB Jatim 30,6 Persen Ditopang Sektor Industri | Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. (2021, March 4). http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kadisperindag-pdrb-jatim-30-6-persen-ditopang-sektor-industri
Kartikasari, D. (2013). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian (Penelitian pada mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang mengkonsumsi produk mie instan merek Indomie) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Diakselerasi Menuju Transformasi Digital. (2021, April 19). https://kemenperin.go.id/artikel/22485/Industri-Makanan-dan-Minuman-Diakselerasi-Menuju-Transformasi-Digital
Lubis, A. A. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2). https://doi.org/10.30596/JIMB.V16I2.949
Marlius, D. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/VDQGX
Mengapa Harga GrabFood, ShopeeFood, GoFood Lebih Mahal? – Daftar Harga & Tarif. (n.d.). Retrieved February 20, 2022, from https://harga.web.id/mengapa-harga-grabfood-shopeefood-gofood-mahal.info
Nababan, T., Simamora, Y., & Mangapul T, J. (2021). Analisis Peramalan Kebutuhan Energi Listrik, Uji-T Dan Uji-F Menggunakan Metode Regresi Linear (Doctoral dissertation, INSTITUT TEKNOLOGI PLN).
Pemasaran Jasa: Pengertian, Karakteristik dan Strategi - Buku Deepublish. (n.d.). Retrieved February 25, 2022, from https://penerbitbukudeepublish.com/pemasaran-jasa/#Apa_Itu_Pemasaran_Jasa
Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat, J., Nurul Az-zahra, H., Aries Tantya, V., & Cipta Apsari, N. (2021). Layanan Online Food Delivery Dalam Membantu Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Mikro. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 156–165. https://doi.org/10.24198/JPPM.V2I2.33513
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Jasa Teratai Laundry Medan | Ginting | Jurnal Regionomic. (n.d.). Retrieved February 25, 2022, from http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssistem/index.php/REGIONOMIC/article/view/566
Pengertian Pemasaran Jasa: Karakteristik, Tujuan, Strategi, Jenis. (n.d.). Retrieved February 25, 2022, from https://sarjanaekonomi.co.id/pemasaran-jasa/#Pengertian_Pemasaran_Jasa_Menurut_Para_Ahli
Pengertian Promosi: Definisi, Tujuan, Jenis, dan Contoh Promosi. (n.d.). Www.Maxmanroe.Com. Retrieved February 25, 2022, from https://www.maxmanroe.com/pengertian-promosi.html
Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia | Databoks. (2021, October 14). Viva Budy Kusnandar. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia
Perilaku konsumen - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved February 27, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
Permatasari, I., & Laksito, H. (2013). Minimalisasi Tax Evasion Melalui Tarif Pajak, Teknologi dan Informasi Perpajakan, Keadilan Sistem Perpajakan, dan Ketepatan Pengalokasian Pengeluaran Pemerintah (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah KPP Pratama Pekanbaru Senapelan). Diponegoro Journal of Accounting, 455-464.
Perubahan Perilaku Masyarakat Terhadap Penggunaan Jasa Pesan-Antar Makanan. (2021, July 8). Muhammad Arfan. https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/08/083512/perubahan-perilaku-masyarakat-terhadap-penggunaan-jasa-pesan-antar-makanan
Putri, K. I. N. S., & Nurcaya, I. N. (2013). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skin Centre Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).
Sagiyanto, A., & Sulfiah, A. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Produk Haus Melalui Akun@ Haus. Indonesia. Jurnal Akrab Juara, 5(2), 97-114.
Shopee 12.12 Birthday Sale TV Show Hadirkan TOMORROW X TOGETHER, Al & Andin, dan Deretan Bintang Dangdut! - Sinar Jateng. (n.d.). Retrieved February 23, 2022, from https://sinarjateng.pikiran-rakyat.com/ekbis/pr-1003197119/shopee-1212-birthday-sale-tv-show-hadirkan-tomorrow-x-together-al-andin-dan-deretan-bintang-dangdut
Snapcart Indonesia survei layanan antar makanan, ini jawaranya. (2021, November 25). Amalia Nur Fitri. https://industri.kontan.co.id/news/snapcart-indonesia-survei-layanan-antar-makanan-ini-jawaranya
Sugiyanto, E., Wibowo, E. W., & Kartini, I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Pesan Antar Makanan Di Jakarta. Warta Dharmawangsa, 16(1), 67–74. https://doi.org/10.46576/WDW.V16I1.1773
Teknologi Digital Sebagai Kunci Utama Pada Era Industri 4.0 - Graduate Program. (2021, March 1). https://graduate.binus.ac.id/2021/03/01/teknologi-digital-sebagai-kunci-utama-pada-era-industri-4-0/
Utama, A. Z., Hariyanto, E., & Sudjana, I. N. (2016). Pengaruh Latihan Kelincahan Dan Kelentukan Terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola Ssb Pas-Itn Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 31–38. https://doi.org/10.17977/PJ.V25I1.4887
Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).
Published
2024-12-30