PENGARUH HARGA KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN YUZU (Studi pada PT. Sumber Cipta Multiniaga Surabaya Timur)

  • Ahmad Chamim Muhyiddin Universitas Dr. Soetomo
  • Agus Surya Bharmawan Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 30 , pdf downloads: 20
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Yuzu.

            Alat analisa yang digunakan adalah melakukan tabulasi terhadap kuesioner, pengumpulan data yang berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Untuk menguji hipotesis ini digunakan alat analisis data berupa regresi linier berganda.

            Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan Uji Validitas menunjukan seluruh pernyataan pada kuesioner dinyatakan valid karena nilai Rhitung > Rtabel. Untuk Uji Reliabilitas dari semua variabel diperoleh nilai Cronbach alpha > 0,6 maka dinyatakan reliabel. Untuk Uji Hipotesis berdasarkan Uji F diperoleh nilai Fsig. < 0,05 maka bisa dikatakan Harga, Kualitas Produk dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian , pada Uji t ada sebagian variabel tidak berpengaruh signifikan dengan tingkat signifikan 5%. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung untuk variabel harga (X1) 0,913 dengan sig. 0,364, variabel kualitas produk (X2) 7,776 dengan sig. 0,000, dan variabel promosi (X3) sebesar 2,615 dengan sig. 0,010, pada variabel harga (X1) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan untuk variabel kualitas produk (X2) dan promosi (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembelian

References

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanif, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Pada Mahasiswa UN PGRI Kediri. 1-8. Retrieved from simki.unpkediri.ac.id
Kotler, P. (2000). Prinsip - Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. d. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. d. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid I (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. d. (2010). Principles of Marketing (13 ed.). United States of America: Pearson Education.
Kotler, P. d. (2012). Dasar - Dasar Pemasaran. (B. Molan, Ed.) Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P. d. (2012). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. d. (2012). Principles of Marketing, Global Edition. United State of America: Pearson Education.
Olson, P. J. (2000). Consumer Behavior Jilid II. (D. Sihombing, Ed.) Jakarta: Erlangga.
Puspitayani, I. M., & Yuniawan, A. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca-Cola di Kecamatan Semarang Selatan. Diponegoro Journal of Manajement, 1-14. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sangadji, E. d. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Santon, W. J. (2008). Prinsip Pemasaran. (S. d. Irawan, Ed.) Jakarta: Erlangga.
Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elekmedia Computindo.
Setiadi, N. (2003). Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susanto, I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro di Surabaya. 1-17. Retrieved from eprints.perbanas.ac.id
Swasta, B. d. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swasta, B. d. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (1997). Total Quality Service. Yogyakarta: Gramedia.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. d. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Published
2024-12-30