PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE, DAN KEAMANAN TABUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BNI KANTOR CABANG SIDOARJO

  • Angga Anta Wijaya Universitas Dr. Soetomo
  • Sukesi Unitomo Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 36 , pdf downloads: 26
Keywords: Kualitas Layanan, Brand Image, Keamanan Tabungan, dan Keputusan Menjadi Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank BNI cabang Sidoarjo. 2) untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan menjadi nasabah di bank BNI cabang Sidoarjo. 3) untuk mengetahui pengaruh keamanan tabungan terhadap keputusan menjadi nasabah bank BNI cabang Sidoarjo. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 orang yang merupakan nasabah bank BNI. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, brand image, dan keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah sedangkan keamananan tabungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Begitu juga dengan hasil penelitian secara simultan yang menunjukkan bahwa kualitas layanan dan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah.

 

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Brand Image, Keamanan Tabungan, dan Keputusan Menjadi Nasabah

References

Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
ALFIAN, D. C. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK AIR MINERAL ISI ULANG DI DIVA WATER SURABAYA. 21(1), 1–9.
Andi Riyanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan, 10–27.
Arif, K. (2021). Pengaruh Harga, Keamanan…, Kukuh Arif Himawan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMP, 2021.
Aw, N. D., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Jakarta, I. (2018). StudiKasus : MahasiswiKampus IPWIJA CIKEAS PROGRAM SARJANA PRODI MANAJEMEN S1.
Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.253
Dandy Kurnia. (2020). Pengaruh Fitur, Kemudahan Penggunaan, Keamanan, dan Promosi, Terhadap keputusan Penggunaan Digital Banking Jenius PT Bank Tabungan Pensiun Nasional. UG Jurnal, 14, 1–10.
Fahmi, S. (2018). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Kepercayaan terhadap Niat Konsumen dalam Melakukan Transaksi E-Commerce, melalui Sikap sebagai Variabel Intervening. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(1), 86. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i1.21
Farokha, S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Niat Menabung Pada Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, VOL 4 SPES(ISSUE 3), 1323.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
Matantu, R. N., Tampi, D. L., & Joane. V, M. (2020). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Gran Puri Manado. Productivity, 1(4), 355–360.
Pramana, I., & Rastini, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 706–733.
Sondakh, C. (2018). Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1), 19–32. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/7525
Sugiyono, 2019. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314
Sukesi, S. (2012). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Service PT Auto 2000 di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(2), 171-182.
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
Tambun, C., Moniharapon, S., Kawet, R. C., Produk, P. K., Merek, C., Harga, D. A. N., Pembelian, K., Kosmetik, P., Di, W., Krida, I., Manajemen, J., Ekonomi, F., Tambun, C., Moniharapon, S., & Kawet, R. C. (2023). MALALAYANG INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY , BRAND IMAGE AND PRICE ON THE PURCHASE DECISION OF WARDAH COSMETIC PRODUCTS IN INDOMARET KRIDA MALALAYANG Jurnal EMBA Vol . 11 No . 3 Juli 2023 , Hal . 231-243. 11(3), 231–243.
Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen( Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013 / 2014 dan 2014 / 2015 Pengguna Kartu P. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.
Published
2024-12-30