ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK INDOMIE DI SURABAYA TIMUR


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh Produk, Harga, dan Promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Mie Instan Merek Indome di Surabaya Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dengan menggunakan metode non-probality sampling dengan pengambilan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah yaitu seluruh konsumen yang membeli dan mengkonsomsi produk Mie Instan Merek Indome di Surabaya Timur dan teknik pengumpulan data yaitu e-kuesioner melalui google form dan teknik analisis data dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 25. Hasil Analisis Rregresi Linier berganda yaitu Y= 2.437 + 0,414 X1 + 0,210 X2 + 0,256 X3. Koefisien Determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,638. Hal ini berarti 63,8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel Produk, Harga dan Promosi, sedangkan sisanya yaitu 36,2% dipengaruhi oleh variabel variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t-hitung untuk variabel produk adalah 4,254, variabel harga adalah 2,026 dan variabel promosi adalah 2,842, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari statistik t-tabel yaitu (4,254 > 1,661), (2,026 > 1,661) dan (2,842 > 1,661). Berdasarkan uji F diketahui bahwa F-hitung (56.390) > F-tabel (2,70) dan tingkat signifikansi 0,000 < α (0,05). Hasil yang diperoleh didalam penelitian ini menunjukan bahwasannya produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian
References
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran : Dasar dan Konsep. Yogyakarta: Qiara Media.
Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Qiara Media.
Kotler, P. & Amstrong G. (2016). Principles of marketing management, 15th Edition. Pearson Prentince Hall.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principle of Marketing. England: Pearson Education Limited.
Kotler, P. & Keller, K. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson.
Kotler, P. & Keller K. L. (2017). Manajemen pemasaran, jilid 2. Erlangga.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Alfabet.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran, Edisi 2. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. (2016). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.