PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BERITAJATIM CYBER MEDIA

  • sulton sulton
Abstract views: 37 , pdf downloads: 26
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kinerja Karyawan

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang mengacu pada pengujian hipotesis untuk menganalisa dan memperoleh suatu kesimpulan yang mencerminkan keadaan di obyek penelitian. Sampel yang digunakan adalah 35 karyawan PT. Beritajatim Cyber Media yang diambil dengan metode sampling jenuh atau sensus. Dari populasi ini karena jumlahnya tidak terlalu besar dan masih dalam jangkauan, maka keseluruhan populasi diambil sebagai sampel penelitian. Studi atau penelitian ini disebut juga studi populasi atau studi sensus.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh informasi bahwa kecerdasan emosional dan Kecerdasan Intelektual berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Bahwa antara variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap kinerja karyawan mempunyai nilai signifikansi F sebesar 0,037. Sedangkan kecerdasan intelektual mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Menghasilkan nilai signifikan t sebesar 0,027 dimana nilai tersebut lebih kecil daripada 0,05. Sedangkan kecerdasan emosional mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan karena menghasilkan nilai signifikan t sebesar 0,908 dimana nilai tersebut lebih besar dari pada 0,05.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

A.Wiramihardja, Sutardjo. (2003). Pengantar Psikologi Klinis. Bandung: PT. Refika Aditama.

Asih, D. (2010). Upaya Membangun Karyawan Yang Berkuaitas Melalui Peningkatan Kecerdasan Emosional

- Spiritual (ESQ). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 1(2):24-34. Mercu Buana University.

Bernardin, H. J. & Russel, J. E. A. (1993). Human resources Management. New York: Prentice Hall.

Cooper, R. K. & Sawaf, A. (2002). Executive EQ. Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dwijayanti, Pangestu. (2009). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi, Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Goleman, D. (2003). Working with Emotional Intelligence Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2005). Mengapa EQ Lebih Penting Daripada IQ. Edisi Pertama. Terjemahan. Jakarta. Penerbit: Erlangga.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indrasari, Meithiana. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Indrasari, Meithiana. & Ansory, H. A. F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Iswati, S. (2003). Kecerdasan Intelektual, Emosi, dan Spiritual (IESQ) Sebagai Basis Dalam Membangun Akuntan yang Beretika, Majalah Ekonomi, Th. XIII, No. 3, Desember, Hal 226- 234.

Joseph, G. (1978). Interpreting Psychological Test Data. New York: VNR.

Matondang, Z., & Pendahuluan, A. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrument penelitian, 6(1), 87–97.

Mochammad, A. N. & Ardiani, I. S. (2011). Kecerdasan Emosional dan Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Keperilakuan Indonesia, 1(1), 10–21.

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(1), 4–5.

Robbins, Stephen P. (2001). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jilid 1. Edisi 8. Jakarta: Prenhallindo.

Robbins, Stephen P. (2001). Perilaku Organisasi. Vol. Jilid II. Jakarta: PT. Indeks.

Salovey, P. & Mayer, J. (1990). Emotional Intelligence, Imagination, Cognition, and Personality. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Shapiro, L. E. (2002). Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. (terjemahan: Kantjono, A.T.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, Syofian. (2010). Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Stein S. J. & Book H. E. (2002). Development Emotional Intelligence. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sumiyarsih, W., Mujiasih, E., & Ariati, J. (2012). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Jurnal Psikologi, 11(1), 19–27.

https://doi.org/10.14710/JPU.11.1.9.

Published
2022-11-11