PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK ELEKTRONIK (STUDI KASUS GIANT EKSTRA WARU SIDOARJO )

  • Wiwik Sastra Kartika Sari
Abstract views: 98 , pdf downloads: 101
Keywords: Bauran Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi dan harga secara simultan, parsial dan dominan terhadap keputusan pembelian pada produk elektronik di Giant Ekstra Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah pembeli produk elektronik di Giant Ekstra Waru Sidoarjo dan jumlah sampel yang diambil 74 orang pembeli produk elektronik di yang ditemui peneliti pada saat penyebaran kuesioner.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji secara simultan menunjukan bahwa variabel bauran promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk elektronik di toko swalayan Giant Ekstra Waru Sidoarjo, dibuktikan dari nilai Uji F Signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji secara parsial menunjukan bahwa variabel bauran promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk elektronik dibuktikan dari nilai Uji T signifikansi variabel bauran promosi 0,000 < 0,05 pada variabel harga 0,002 < 0,05.  Hasil uji dominan menunjukan bahwa, bauran promosi memiliki pengaruh dominan pada keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,455 atau 45,5%.

References

Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran.

Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Alkatiri, S., Tumbel, A. L., & Roring, F. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal EMBA, 5(2), 1781–1792.

Baruno, Djoko A.; Handri Puji Susanto, A. (2018). Produk Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universita Dr . Soetomo Surabaya) Agustiawan Djoko Baruno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo Surabaya Arisca Handri Puji Susanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo Su. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 02 (01), 270–286.

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada

C.Olson,J.Pau.Peter & Jerry.(2016). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran:edisi 9.Salemba Empat.

Edyansyah, T. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Dalam Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan pada Swalayan Rayon Baru di Panton Labu Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visioner & Strategis, 6, 45–52.

Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Dipenegoro Semarang

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Kotler, Philip. & Gary Armstrong.(2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Meme, R., Program, M., Manajemen, S., Byre, R. O., Program, D., & Manajemen,

S. (2020). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian yang di mediasi

oleh minat beli konsumen roxy swalayan ende. 20(September), 1–13.

Nirmala, Y., & Subagio, H. (2013). Analisa Pengaruh Retail Mix ( Customer Service

, Assortment , Communication Mix , Dan Price ) Terhadap Tingkat Kunjungan Di Toko Souvenir Ken N So Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–9.

Priyatno,D.(2008). Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik), Yogyakarta: MediaKom,

Priansa, Donni J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Redaksi Pustaka Setia.

Rosvita, S. dalam. (2012). Bab ii Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis 2.1. 17–56.

Sahayu P. & Finthariasari M. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Elektronik Merek Polytron. Entrepreneur & Manajemen, 1, 168–17.

Sangadji E.M.& Sopiah (2013). Pengertian Perilaku Konsumen"Pendekatan Praktisi Disertai Himpunan Jurnal Penelitian.Yogyakarta:CV Andi Offset.

Santoso. (2010). Panduan Lengkap SPSS Versi 20.Jakarta:PT.Elex Media Kompotindo

Soegoto, A. S., Mandey, S., & Monintja, R.

Y. (2015). Analisis Merek, Promosi dan Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di Gelael Swalayan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).

Tommi Wijaya1dan Eristia Lidia Paramita2. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. Seminar Nasional Dan Call for Paper, 978-602- 70429-1–9, 12–19.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran.Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyujatmiko, S., & Yon Hadi, I. (2018). Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi.

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085.

Published
2022-11-11