DAMPAK PENUTUPAN LOKALISASI TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT SEKITAR LOKALISASI DI BANYUWANGI

Sutarmin Sutarmin, Wiwik Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak daripada penutupan Lokalisasi Padang Bulan,  Turian, Gempol Porong, Bomo Waluyo, Padang Pasir  dan LCM  yang begitu terkenal di Kabupaten Banyuwangi. Bahkan praktik prostitusi di Lokalisasi tersebut  merupakan 6 lokalisasi dengan jumlah penghuni yang paling banyak dari 11 lokalisasi yang berada di Kabupaten Banyuwangi.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan pendekatan diskritif  dengan Teknik analisis kualitatif untuk menggambarkan deskripsi dampak multiplier effect praktik Eks Lokalisasi Padang Bulan,  Turian, Gempol Porong, Bomo Waluyo, Padang Pasir  dan LCM  terhadap kehidupan masyarakat daerah sekitarnya. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik indepth interview (wawancara mendalam), sehingga data yang dihasilkan berbentuk uraian panjang tentang realitas sosial yang diteliti.

Hasil dari penelitian ini bahwa dengan ditutupnya 11  lokalisasi tersebut maka berdampak pada bidang usaha ,kegiatan ekonomi dan pendapatan usaha masyarakat di sekitar lokalisasi mengalami penurunan

Full Text:

PDF

References


Penelitian Kuliah Lapangan yang dilakukan oleh Mukhammad Fatkhullah, Qolby Akbar, Rafelita Nian Sari, M. Alhada Fuadillah Habib, Yeni Meitasari, Okza Ryandani, Citra Puspita, Yudika Tunggal Teradharana, Wildana Mahmuda 2012 – 2013 dengan judul “Dampak Praktik Prostitusi Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Daerah Lokalisasi Jarak-DollyKelurahan Putat Jaya”. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, Surabaya.

Buol, Ronny Adolof. 2012. Apapun Batasannya, Lokalisasi Dolly Tetap Hidup.http://regional.kompas.com/read/2012/12/09/09351869/Apapun.Batasannya.Lokalisasi.Dolly.Tetap.Hidup. (Terakhir diakses pada tanggal 1 April2013).

Chotimah, Hidayat Chusnul. 2012. Multiplier Effect Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah Melalui Industri Kerajinan Anyaman Pandan di Kabupaten Kebumen. Depok: Universitas Indonesia..

Ismani. 1991. Pokok-pokok Sosiologi Perkotaan. Malang: Universitas Brawijaya.

Ruslan, Heri. 2013. Mensos Minta Penutupan Lokalisasi Dolly Dipercepat.http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/03/01/mismensos-minta-penutupan-lokalisasi-prostitusi-doly-dipercepat. (Terakhirdiakses pada tanggal 1 April 2013.

Komisi Penaggulangan AIDS Nasional 2013, Protokol Lapangan Survei Cepat Perilaku Wanitas Pekerja Seks Langsung (WPSL), Jakarta.

Komisi Penaggulangan AIDS Nasional, 2010, Pedoman Program Pencegahan HIV Melalui Transmisi Seksual, Jakarta.

eJournal Administrative Reform, Volume 2, Nomor 1, 2014: 1199-1212, Analsis Kebijakan Penutupan Lokalisasi Prostitusi Km 17 Di Balikpapan oleh Janif Zulfiqar, Nur Fitriah, Enos Paselle

Jurnal Ilmiah PROGRESSIF Vol. 6 No.18, Desember 2009, Menguak Wts (Wanita Tuna Susila) Antara Peran Positif Terbaikan Dan Termarginalkan Dalam Bentuk Pembelaannya Tahun 1970-2009, Miskawi




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/dev.v2i1.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Develop ISSN : 2580-1767, Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNITOMO,