Brand Image Tri Rismaharini dalam Pilkada Serentak 2015 di Media Jawa Pos Edisi Oktober – Desember 2015

Iwan Joko Prasetyo

Abstract


Citra atau image merupakan suatu hal yang sangat penting bagi sebuah kemenangan untuk memperebutkan simpati masyarakat dalam pemilihan kepada Daerah. Oleh karena itu, setiap calon kepala daerahharus dapat mempositifkan citra dirinya melalui strategi kampanyenya. Tim kampanye dari setiap pasangan calon kepala daerah akan berusaha menciptakan citra diri yang positif dari pasangan calon tersebut di mata masyarakat, sebab citra diri yang positif dan prestasi calon kepala daerah berpengaruh besar bagi pemilih pemula dalam menentukan pilihannya. Sosok Tri Rismaharini menjadi menarik untuk di bahas dalam penelitian karena Risma menjadi wanita pertama yang dipilih langsung menjadi wali kota melalui pemilihan kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia di era reformasi dan merupakan kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik duniaTri Rismaharini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui brand image Tri Rismaharini dalam Pilkada serentak tahun 2015 di pemberitaan Jawa Pos edisi Oktober – Desember 2015.Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang memberikan pemahaman yang mendalam dan rinciberkaitan dengan suatu peristiwa atau gejala sosial.Unit analisis dalam penelitian ini adalah semua unsur berita dari suatu teks berita, yaitu : judul, lead berita, tubuh/isi berita, penutup, dan foto/grafis. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Jawa Pos edisi Oktober – Desember 2015 menggambarkan image/citra Tri Rismaharini sebagai sosok yang sederhana dan jujur, sosok yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi, sosok yang kontraversi terkait dengan kasus Pasar Turi Baru, sosok arek Suroboyo yang akan menjadi pemenang dalam pemilihan Walikota Surabaya periode 2015-2020.

 

Kata kunci : Brand image, Pilkada, media 


References


Agus Sudibyo.2001. Politik Media dan Pertarungan Wacana, LkiS, Yogyakarta

Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma-Teori-Aplikasi Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eriyanto 2005. Analisis Wacana, Pengantar Aanalisis Teks Media, PT LKiS Pelangi Aksara, Yogyakarta

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Nimmo, Dan. 2005. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nursal, Adman. 2004. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Sutojo, Siswanto, (2004), Membangun Citra Perusahaan, Jakarta, PT. Damar Mulia Pustaka.

Setiyono, Budi. 2008. Iklan Dan Politik, Menjaring Suara Dalam Pemilihan Umum. Jakarta. AdGoal.Com

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Non Buku

ttps://id.wikipedia.org/wiki/Tri_Rismaharini

http://www.jpnn.com/read/2015/02/04/285507/8-Prestasi-Internasional-Tri-Rismaharini-Memimpin-Kota-Surabaya-

www.vaambul.bogspot.com.

www.jawapos.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jkm.v1i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Iwan Joko Prasetyo



INDEXED BY: