Loyalitas Konsumen JNE Surabaya: Korelasi antara Marketing Public Relations dan Kualitas Pelayanan

Krisna Kurniawan, Zulaikha Zulaikha

Abstract


This research aims to know the influence of marketing public relation and service quality against customer loyalty at PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Surabaya. The variables used in this study i.e. marketing public relation, service quality, and customer loyalty. The population used in this study are all the consumers who use the service delivery on PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Surabaya.As for the sampling technique used was purposive sampling technique with the total sample as many as 140 respondents. In this research analysis technique used was multiple linear regression analysis. The test results showed that the variables consist of marketing public relation, service quality effect significantly to consumer loyalty on the PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Surabaya. These results indicate that the variable quality of service had a dominant influence on consumer loyalty against PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Surabaya.

 

Keywords: marketing public relation, service quality, consumer loyalty


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung.Alfabeta.

Cak Sur. (2017). 11 Ribu Buku Untuk Anak-anak di 11 Kota Pada Hut JNE Ke 27 Mewarnai Indonesia. Diakses melalui : http://surabaya.tribunnews.com/2017/10/30/11-ribu-buku-untuk-anak-anak-di-11-kota-pada-hut-jne-ke-27-mewarnai-indonesia. Pada 08 Februari pukul 11.05 WIB.

Fadila, D & Ridho, S.L.Z. (2013) . Perilaku Konsumen. Palembang: Penerbit Citrabooks Indonesia.

Feriadi, M. (2017). Menjaga Sukses JNE di Tengah Maraknya Bisnis Digital. Jnews, h. 18.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. BP-Universitas Diponegoro.

_________. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Yogyakarta.BP- BPFE

_________. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Yogyakarta. BP- BPFE.

Hamdani, D. (2017). ‘Masuki 31 Tahun Asperindo Sambut Mega E-Commerce lewat Program ALIS’. Gatra News, 4 April 2017, 21.16. //https://www.gatra.com/ekonomi/perdagangan/254403-masuki-31-tahun-asperindo-sambut-mega-e-commerce-lewat-program-alis//.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta . Caps.

Kotler, P dan Kevin LK. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Kodir, A., & Susilo, D. (2015). CSR dan PR: Sinergitas, Kritik, dan Diskursus Budaya Komunikasi Tanggung Jawab Perusahaan. Surabaya: CV. M-Brothers Indonesia.

Lestari, S.H. (2017). 100 Pengusaha Surabaya Bakal Gabung Roadshow Kampus Shopee. Diakses melalui : http://surabaya.tribunnews.com/2017/07/28/100-pengusaha-surabaya-bakal-gabung-roadshow-kampus-shopee. Pada: 08 Februari 2018 pukul 11.10 WIB.

Lewis, R.C & Booms, B.H.(2012). ‘The Marketing Aspects of Service Quality; dalam Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. eds. Tjiptono, F. Yogyakarta: Andi Offset.

Masri. (2009). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Palgunadi, E. (2017). Era Digital Tak Bisa Dilawan.Jnews,h.3.

Panuju, R. (2017). Pengawasan Iklan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Televisi. Jurnal Studi Komunikasi, 1(2). doi:http://dx.doi.org/10.25139/jsk.v1i2.154

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Edisi Kesatu. Yogyakarta. ANDI.

Publikasi Web JNE. (2017). JNE Gelar Workshop UKM dan Komunitas Online Seller di Surabaya. Diakses melalui: http://www.jne.co.id/id/berita/berita-detail/jne-gelar-workshop-ukm-dan-komunitas-online-seller-di-surabaya. Pada 08 Februari 2018 pukul 10.55 WIB.

Poetra, R. R., & Christantyawati, N. (2017). Model AIDA: Pola Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Kepuasan Penjualan di Toko Online Goldies Hijab. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(1).

Putra, B. P., & Prasetyo, I. J. (2017). Pemetaan Platform Media Komunikasi Pemasaran PT. Dyandra Promosindo dalam Ruang Publik di Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(2).

Rakhmad, J. (2016). Metode Penelitian Komunikasi, Edisi Revisi Kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ruben, B.D & Stewart LP. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Rajawali.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanggara, H. R., & Christantyawati, N. (2017). Trend Minat Mahasiswa Universitas dr. Soetomo dalam Berbelanja secara Online di Tokopedia. Jurnal Kajian Media, 1(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, A. (2016). Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi.CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa.Malang: Bayumedia.

_________.(2012). Pemasaran Strategik, edisi kedua, cetakan ketujuh. Yogyakarta. Penerbit: Andi Offset.

_________.(2012). Pemasaran Strategik, edisi kedua, cetakan ketujuh. Yogyakarta. Penerbit: Andi Offset.

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlingdungan Konsumen.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jkp.v2i1.911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY: