Kepuasan Pelanggan Terhadap Administrasi Lingkungan Ditinjau dari Kebersihan Pasar Tradisional di Kabupaten Sidoarjo

Lucia Diah Sawitri

Abstract


Kebersihan pasar tradisional tidak terlepas dari sampah-sampah yang terlihat disekitar pasar.Sampah yang kelihatan berserakan, tidak rapi, dan belum dikelola dengan baik, sehingga menimbulkan persepsi masyarakat terhadap pasar tradisional berstigma negatif seperti kumuh, kotor, semrawut, bau, sampah berceceran. Persepsi masyarakat seharusnya secara perlahan-lahan dapat diubah menjadi positif apabila melihat perubahan sebuah pasar tradisional bersih, khas, unik, dan menarik. Hasil peneliltian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai kepuasan pada pasar tradisional Bluru Permai, Kemiri, dan Buduran yang diperoleh adalah hampir mendekati cukup puas, belum mencapai nilai 3 (cukup puas), untuk menunjang kebersihan pasar tradisional perlu kerjasama semua pihak yang berada di pasar tradisional yaitu pemerintah, staf P & D Pasar, penjual, pembeli untuk bersama-sama membangun, memelihara, merawat dan menjaga kebersihan pasar. Diperlukan edukasi terhadap semua orang yang berada di pasar dengan cara memasang banner-banner, dan untuk lebih menertibkan kebersihan pasar diperlukan sangsi. Suasana sebuah pasar yang berbeda tetapi mempunyai kesan yang nyaman dengan keasrian, keteduhan, hijau dan indah, maka sesuai hasil penelitian didapatkan bahwa di pasar tradisional perlu dibuatkan taman-taman hijau, sehingga ke depan kota Sidoarjo akan mempunyai pasar tradisional yang bersih, asri, hijau, sehat, unik dan menarik untuk menjadikan sebuah kota tujuan wisata.

 

Kata Kunci : Kepuasan, Administrasi Lingkungan, Pasar Tradisional

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jai.v1i2.818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By.