PENGARUH KONSENTRASI TEPUNG BERAS DALAM PEMBUATAN ROLL CAKE

Ir. Arlin Besari MP

Abstract


ABSTRAK

Hasil penelitian pembuatan roll cake dari tepung beras dengan menggunakan metode organoleptik. Metode organoleptik yaitu mencari calon panelis untuk mendapatkan data penilaian uji kesukaan masyarakat di Akpar Majapahit. Data hasil penelitian tersebut digunakan untuk menjawab rumusan masalah penelitian tentang bagaimana perbedaan kualitas roll cake dan bagaimana tingkat kesukaan masyarakat terhadap roll cake bahan dasar tepung beras dilihat dari aspek tekstur dan rasa roll cake.

Setelah dilakukan uji inderawi terhadap sampel roll cake bahan dasar tepung beras diperoleh hasil sebagai berikut:

Analisis Varians Roll Cake Hasil Eksperimen Berdasarkan Aspek Tekstur Lembut Ideal Roll Cak. Hasil penilaian inderawi pada aspek tekstur lembut ideal roll cake dari sampel roll cake bahan dasar tepung beras menunjukkan ada perbedaan yang signifikan terhadap tekstur lembut ideal roll cake. Adapun hasil analisis varian aspek tekstur lembut ideal roll cake

Beras, jagung, ubi jalar, garut dan ubi kayu merupakan bahan yang banyak dan mudah ditanam di Indonesia, namun pemanfaatannya masih sangat terbatas. Pengolahan bahan-bahan ini menjadi tepung atau pati kemudian di formulasikan dengan komposisi tertentu serta penambahan bahan tambahan berupa hidrokoloid akan dapat menghasilkan produk roti dan cake yang tidak mengandung gluten tetapi dengan bentuk dan cita rasa yang tidak kalah dengan roti dan cake yang terbuat dari terigu.

 

Kata Kunci : Konsentrasi, Tepung Beras dan Roll Cake


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25139/tbo.v1i1.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :