Analisis Faktor Penghargaan Indonesia Sustainability Reporting Awards Terhadap Pengungkapan Sosial

  • Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 346 , PDF downloads: 264

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji factor-faktor penentu dalam pengungkapan tanggungjawab social perusahaan dan pengaruhnya terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan tahunan perusahaan go-public yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan data Sustainability Reporting Awards (ISRA) tahun 2012-2016. Sampel penelitian ini terdiri dari 90 perusahaan dari berbagai Industri yang menerima maupun tidak menerima ISRA. Pengujian hipotesis pertama hingga kelima dalam penelitian ini menggunakan regresi logistic dan menunjukkan bahwa saham, ROA, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sementara financial leverage dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan.

References

Achda, B. Tamam. 6 Juni 2008. Konteks Sosiologis Perkembangan Corporate Social
Responcibility (CSR) dalam Implementasinya di Indonesia.
Almilia, Luciana Spica at., al. 2011. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Pengungkapan tanggung jawab sosial dan Dampaknya Terhadap Kinerja Keuangan dan ukuran perusahaan”. Fokus ekonomi volume 10 No.1, April 2011: 50-68.
Almilia, Luciana Spica, 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan
Sukarela: Internet Financial and Sustainability Reporting. JAAI volume 12 No.2, Desember 2008: 117-131.
Almilia, Luciana Spica dan Sasongko Budisusetyo, 2009. The Impact of Internet
Financial and Sustainablity Reporting on Profitability, Stock Price and Return in Indonesia Stock Exchange. UTCC International Journal of Business and Economics Vol. 1 No. 2, pp. 123 – 138.
Amalia, dessy. 2005. “faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan sukarela (voluntary disclosure) pada laporan keuangan tahunan perusahaan”. Jurnal akuntansi dan pemerintahan. Vol 1, no.2, november 2005.
Anggraini, Fr.Reni Retno, 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan KeuanganTahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Jakarta), Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.
Backer, Mallen. 2002. “Corporate Social Responsibility : What Does It Mean ?” CSR news and resourses on www.backermallen.net. San Fransisco.
BEI, www.idx.co.id
Chariri, Anis. 2008. Kritik Sosial Atas Pemakaian Teori dalam Penelitian Pengungkapan Sosial dan Lingkungan, Jurnal Maksi volume 8, 2 Agustus 2008.
Darwin, Ali. 2004. “Penerapan Sustainability Reporting di Indonesia”. Konvensi nasional Akuntansi V, Program Profesi Lanjutan. Yogyakarta.
Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial: study empiris pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Universitas Katolik St. Thomas Sumatera Utara (SNA 8-Solo.
Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan IV. Semarang; Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Gray, Rob; Collin Dey; Dave Owen; Richard Evans and Simon Zadek. 1997. Strungling with praxis of Social Accounting : stakeholders, Accountability, Audits and Procedurs.
Hasibuan, Muhammad Rizal. 2001. “pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan sosial dalam laporan keuangan emiten yang terdaftar pada BEJ dan BES”
Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat.
Kirana, Rosita Chandra. 2009. Studi perbandingan pengaturan tentang CSR dibeberapa negara dalam upaya perwujudan prinsip Good Corporate Governance.
Mirfazli, Edwin Nurdiono. 2007. “evaluasi pengungkapan informasi pertanggung jawaban sosial terhadap laporan keuangan perusahaan GO PUBLIC di BEJ”
Murtanto. 2006. “menciptakan nilai tambah melalui Corporate Social Responsibility”, media akuntansi, edisi 53.

Sayekti, Yosefa, Ludovicus Sensi Wondabiwo. 2007. “pengaruh CSR Terhadap Earnings Respons”. Simposium Akuntansi Nasional 10.
Sitepu, Andre Christian. 2008. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan informasi sosial dalam laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ.
Umar, Husein. 2001. Riset Akuntansi; metode riset sebagai cara penelitian ilmiah.
Gramedia pustaka. Jakarta.
Utomo, Muhammad Muslim. 2000. “praktek pengungkapan sosial pada laporan tahunan perusahaan di Indonesia. Simposium Akuntansi Nasional 3.
Published
2019-07-23
Section
Articles