AKUNTABILITAS DESA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA KUPANG, KECAMATAN JETIS, KABUPATEN MOJOKERTO)

Linda Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas desa dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa pada Pemerintah Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Teknik pengambilan data menggunakan survey pra penelitian dan penelitian lapangan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa mulai dari prosedur perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban sudah berjalan dengan baik, serta partisipasi masyarakat juga sudah cukup baik. Namun dalam praktiknya perlu adanya perbaikan, terutama di tahap perencanaan, penatausahaan serta pelaporan.

Full Text:

PDF

References


Ach, Wazir WS, et al. 1999. Panduan Penguatan Menejemen Lembaga Swadaya Masyarakat. Seketariat Bina Desa. Jakarta.

Adi, Isbandi Rukmanto. 2007. Interfensi Komunitas Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdaya Masyarakat. Raja Frafindo Persada. Jakarta.

Arifyanto, Dwi Febri. 2014. Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Universitas Jember. Jember.

Astuty, Elgia. 2013. Akuntabilitas Pemerintahan Desa Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Studi pada ADD Tahun Anggaran 2011 di Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Universitas Negri Surabaya. Surabaya.

Bungin, Burhan HM. 2007. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan, Publik & Ilmu Sosial Lainya. Grafika. Jakarta.

Cohen, dan Uphoff. 1977. Rural Development Participation, Concept and Measure For Project Design Implementation and evaluation. Cornell University. Newyork.

Ginanjar, Kartasasmita. 1977. Pemeberdayaan Masyarakat Konsep Penanggunan Yang Berakar Pada Masyarakat. Universitas Gajah Mada. Jogjakarta.

Kartika, Ray Septian. 2012 Pertisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tegeswetan dan Desa Jangkrikan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negri. Jakarta.

Kemetrian Keuangan RI. Rincian Dana Tranfer daerah dan Dana Desa tahun 2017. (Online). (https://www.kemenkeu.go.id/)

Lalolo, Loina. 2003. Indikator & Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi

Ndraha, Taliziduhu. 1989. Konsep Administrasi di Indonesia. Bima Aksara. Jakarta.

Peraturan Bupati Mojokerto nomor 48 tahun 2015. Tentang Pengelolaan Keungan Desa Kabupaten Mojokerto

Peraturan Bupati Mojokerto nomor 2 tahun 2017. Rincian Alokasi Dana Desa tahun 2017.

Peraturan Mentri Dalam Negri Nomor 113 Tahun 2014. Tenteng Pedoman Pengelolaan Keunagan Desa.

Prakoso, Bagoes Kukuh. 2017. Akuntabilitas Desa dan Pertisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Keuangan Desa ( Studi Kasus pada Desa Blado Wetan, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo). Universitas Airlangga. Surabaya.

Romatis, Puteri Ainurrohma. 2015. Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Universitas Jember. Jember

Rrasul, Syahrudin. 2002. Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan anggaran. Detail Record. Jakarta.

Shafriz, Jay M dan E.W Rrasel. 1997. Introducing Public Administration. Longman. Newyork.

Sigusta, Rizky Amalia. 2017. Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas dan Partisipasi Masyarakat dalam Penegelolaan Keuangan Desa (studi empiris di Kabupaten Lampung Selatan). Universitas Lampung. Lampung.

Solihin, Dandang. 2007. Penerapan Good Govermeance di Sektor Publik untuk Meningkatkan akuntabilitas Kinerja Lembaga Publik.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatid dan Kualitatif R&D. Alfabeta. Bandung.

Widyanti, Crista. 2017. Akuntabilitas dan Transparansi Penelolaan alokasi Dana Desa (ADD) studi pada Desa Sumberejo Desa Kadung Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim. Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jaap.v3i1.1579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.