PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON ASSET, DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN TERUTANG (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017)

Renanda Vindasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisi dan mengetahui debt to equity ratio, return on asset, dan biaya operasional secara simultan dan persial terhadap Pajak Penghasilan Badan Terutang pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Sampel dalam penelitian ini 16 perusahaan. Metode sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji F atau secara simultan dihasilkan bahwa debt to equity ratio, return on asset, dan biaya operasional secara bersama-sama berpengaruh tehadap pajak penghasilan badan terutang pada taraf signifikan. Selanjutnya untuk menguji secara persial atau uji t dihasilkan bahwa debt to equity ratio berpengaruh secara simultan dan negatif taraf signifikan tehadap pajak penghasilan badan, return on asset berpengaruh secara simultan positif taraf signifikanterhadap pajak penghasilan badan terutang, dan biaya operasional berpengaruh secara simultan positif taraf signifikan terhadap pajak penghasilan badan terutang.


Full Text:

PDF

References


Atina, Harimurti, F, & Kristianto, D. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Pph Badan Perusahaan Makanan Dan Minuman Di BEI (Periode 2013-2015). Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, Vol.13 No 3.

Cahyanti, W. (2018). Pengaruh Likuiditas, Perputaran Kas, Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI (Periode Tahun 2013-2016). Skripsi Jurusan Akuntansi .

Damayanti, L. (2017). Pengaruh Tarif Pajak Penghasilan badan 2016 Dan Insentif Pajak Dan Non Pajak Terhadap Manajaemen Laba Pada Persahaan Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skrisi Jurusan Akuntansi .

Dedi, G. W., & J.Sondakh, J. (2017). Analisis Penerapan Akuntansi Pajak Penghasilan Badan Pada PT.BPR Dana Raya Manado.Jurnal Emba, Vol.5 No.2.

Dharmayanti, N. (2018). Pengaruh Pendapatan Dan Biaya Terhadap Beban Pajak Pada PT Jembo Cable Company Tbk. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, Vol.11 No.2.

Firdiansyah, M. A., Sudarmanto, E., & Fadillah, H. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Badan Pajak Penghasilan Badan Terutang Pada Perusahaan Perdagangan Eceran Yang Terdaftar Di BEI (Periode2013-2017).

Salmah, A. A., Pamungkas, M. G., & Yogi, K. (2016). Pengaruh Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yan Terhadap Di Bursa Fek Indonesia Periode 2012-2014). Jurnal Perpajakan (JEJAK), Vol.9 No.1.

Wicaksono, M. A. (2017). Pengaruh Rasio Profitabiltas Dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan Tahun Pajak 2015 (Studi Khasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat). Skripsi .

Zuardi, L. R., Dr. Chairul Anam, S., & M.Si. (n.d.). Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan Terutang (Sektor Pertambangan di BEI Tahun 2011-2016). Jurnal Akuntansi .

www.sahamok.com

www.idx.co.id

www.kemenkeu.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/jaap.v3i2.2199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.