Perspektif Kajian Media Digital pada Performa Seni Jepang di Instagram @performance.jpa

  • Daniel Susilo School of Communication Science, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Indonesia
  • Teguh Dwi Putranto Faculty of Social and Political Science, Airlangga University, Surabaya, Indonesia
  • Erica Monica Abao Garcia La Trobe University, Australia
Abstrak views: 396 , PDF 91-107 (English) downloads: 365
Kata Kunci: Digital Media Studies, Instagram, Japan Performing Arts

Abstrak

Pemanfaatan media digital untuk mempromosikan budaya lokal menjadi terobosan baru dalam memperkenalkan budaya lokal ke mancanegara. Selain bisa langsung dikenal di negara lain, media promosi digital juga lebih murah dan lebih cepat pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif Digital Media Studies dalam Japan Performing Arts. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten Krippendorff di Instagram @performance.jpa dengan menggunakan indikator tarian Jepang yang meliputi Kabuki, Kasa Odori, Bon Odori, Noh Mai, Onikenbai, Nanazumai, Wadaiko, Arauma, Nihon Buyo. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Japan Performing Arts memperkenalkan budaya Jepang melalui kolaborasi dengan budaya barat dengan mengangkat tari Nihon Buyo.

Diterbitkan
2021-09-26