Pengaruh Operasional Vessel Traffic Services (VTS) Terhadap Keselamatan di Alur Pelayaran Barat Surabaya

The Influence of Vessel Traffic Services (VTS) Operations on Safety in the West Surabaya Shipping Route

  • Joy Jaya Mardika Joy Jaya Mardika Teknik Sipil
  • lidya octa Universitas Dr Soetomo
  • adhi muhtadi Universitas Narotama
Abstract views: 126 , PDF downloads: 103
Keywords: Transportasi Laut, Vessel Traffic services, APBS

Abstract

Kapal merupakan moda utama dalam transportasi laut. Untuk menunjang kelancaran dalam berlayar maka dibutuhkan sebuah sistem yaitu Vessel Traffic Services (VTS). Berbagai masalah kecelakaan kapal dan musibah yang terjadi di alur pelayaran sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa di laut dan dapat menimbulkan gangguan lalu-lintas kapal, yang mana hal ini merupakan tugas dari VTS dalam melakukan tindakan monitoring dan mengidentifikasi musibah serta upaya mengatasinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh operasional VTS dalam monitoring dan pemanduan kapal terhadap keselamatan di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan mengidentifikasi musibah tersebut beserta cara mengatasinya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyimpulkan dari data musibah dan metode kuantitatif dengan menganalisa perangkat operasional VTS terhadap keselamatan pelayaran menggunakan program SPSS Versi 25 dengan jumlah responden 35 orang dari operator VTS dan dinas luar atau kapal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa operasional perangkat VTS mempunyai pengaruh sebesar 94,8% terhadap keselamatan pelayaran dan penanganan musibah kapal dilakukan dengan mengidentifikasi jenis musibah, membuat kronologi, membuat berita acara dan melaporkan kepada pihak terkait operasi penyelamatan. Diharapkan agar seluruh kapal yang hendak memasuki alur pada posisi pelampung suar terluar agar memberitahukan koordinat kepada VTS supaya memudahkan dalam identifikasi kapal dan tempat sandar atau berlabuh.

References

Akdon, Riduwan, “Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika”, Alfabeta, Bandung 2007.

Darmawan, “Metode Penelitian Kuantitatif”, Bandung : Rosdakarya, 2013.

Ghozali Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS”, Edisi Sembilan, Universitas Diponegoro, Semarang, 2018.

Haryanto Dwi, Purwitasari Diyah, “Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Pelayaran di Alur Pelayaran Barat Surabaya Tahun 2013 – 2017”, Jurnal 7 Samudra Politeknik Pelayaran Surabaya hal.1-12, Juni, 2018.

Mudiyanto, Elva Febrian., “Analisis Penggunaan Layanan Vessel Traffic System Terhadap Keselamatan Pelayaran di Alur Pelayaran Barat Surabaya Pelindo 3, Jurnal Saintek Maritim, Vol 21 No 2, Maret, 2021.

Nabila Ceri, Pratami, Rani, “Penerapan Vessel Traffic Service Dalam Meningkatkan Keamanan Alur Perlintasan Kapal di Wilayah Pelabuhan Cirebon”, Jurnal Organisasi dan Manajemen Bisnis Logistik, Vol.01 No.01, April, 2023.

Published
2023-11-01
How to Cite
Joy Jaya Mardika, J. J. M., octa, lidya, & muhtadi, adhi. (2023). Pengaruh Operasional Vessel Traffic Services (VTS) Terhadap Keselamatan di Alur Pelayaran Barat Surabaya: The Influence of Vessel Traffic Services (VTS) Operations on Safety in the West Surabaya Shipping Route. CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology, 1(02), 133-140. https://doi.org/10.25139/concrete.v1i02.6929
Section
Articles