Perencanaan Traffic Light Pada Simpang Tiga Jl. Jaksa Agung Suprapto – Jl. KH. Wahid Hasyim – Jl. Jamaludin Kabupaten Sampang
Traffic Light Planning at Simpang Tiga Jl. Attorney General Suprapto – Jl. KH. Wahid Hasyim – Jl. Jamaludin Sampang Regency


Abstract
Persimpangan jalan mempunyai peranan penting dalam kelancaran maupun keselamatan setiap pengendara, oleh karena itu di setiap persimpangan jalan harus ada rambu yang mengatur kelancaran di setiap pergerakan ruas jalan. Simpang tiga di Jl. Jaksa Agung Suprapto – Jl. KH Wahid Hasyim – Jl. Jamaluddin Kabupaten Sampang merupakan akses keluar masuk pusat kota yang tidak mempunyai fasilitas seperti traffic light yang membantu pergerakan jalan sehingga persimpangan jalan tersebut banyak pengguna jalan yang mengalami permasalahan kemacetan terkadang juga sering terjadi kecelakaan pada jam – jam normal. Maka tujuan penelitian ini guna meminimalisir kemacetan yang sering terjadi, serta bisa mengurangi resiko kecelakaan yang akan terjadi pada persimpangan tersebut. Metode dan pengolahan data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) untuk menganalisa simpang tak bersinyal, serta mengevaluasi menjadi simpang bersinyal. Hasil analisis kinerja eksisting didapatkan derajat kejenuhan puncak sebesar 1,26 dan LOS F pada waktu pagi, 0,87 dan LOS E pada waktu siang, 1,48 dan LOS F pada waktu sore. Dari hasil perencanaan lampu lalu lintas (traffic light) didapat waktu aktual hijau pagi sebesar 4 detik untuk fase 1, 10 detik untuk fase 2, 6 detik untuk fase 3, waktu aktual hijau siang sebesar 3 detik untuk fase 1, 9 detik untuk fase 2, 5 detik untuk fase 3, dan waktu aktual hijau sore sebesar 4 detik untuk fase 1, 10 detik untuk fase 2, 6 detik untuk fase 3. Analisa lampu lalu lintas (traffic light) setelah di forecasting 5 tahun kedepan didapat waktu aktual hijau pagi sebesar 4 detik untuk fase 1, 12 detik untuk fase 2, 8 detik untuk fase 3, waktu aktual hijau siang sebesar 4 detik untuk fase 1, 10 detik untuk fase 2, 6 detik untuk fase 3, dan waktu aktual hijau sore sebesar 5 detik untuk fase 1, 12 detik untuk fase 2, 6 detik untuk fase 3
References
Amir Sanjaya, DKK. 2016. “Perencanaan Traffic Light Pada Simpang Jl.Purnama - Jl. M.Sohor-Jl. Letjen Sutoyo Kota Pontianak.” Jurnal Elektronik, Laut, Sipil, dan Tambang 3(3): 1–13.
Hasbi. 2019. “Studi Perencanaan Traffic Light Simpang Jalan Ambe Nona-Opu To Sappaile-Batara, Kota Palopo.” 16: 1–17.
Hutabarat, Sahat, Fadrizal Lubis, and Alfian Saleh. 2020. “Perencanaan Traffic Light Pada Persimpangan Jalan Garuda Sakti - Jalan Melati - Jalan Binawidya Kota Pekanbaru.” Jurnal Teknik 14(2): 193–202.
Kurniawan, D Bagus Puja. 2018. “Perencanaan Simpang Bersinyal Di Jl. Raya Berbek–Jl. Wadung Asri–Jl. Gedong Masjid, Kab. Sidoarjo.”
MKJI. 1997. “Pengkinian Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.” Jurnal Jalan dan Jembatan 26(2): 1–11.
Muhamad, La ode, and Nurakhmad Arsyad. 2014. “Perencanaan Traffic Light Pada Persimpangan Jalan MT.Haryono, Brigjen M.Yoenoes Dan Jalan Laode Hadi Kota Kendari.” Jurnal Stabilita 2(2): 241–51.
Muslim, Muhammad Rahmat. 2018. “Jurnal Tugas Akhir Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Haji Bau – Jl . Cendrawasih – Jl . Arif Rate Di Makassar Oleh : Muhammad Rahmat Muslim.”
Prasetyo, Faisol Dwi, Rofi Budi Hamduwibawa, and Taufan Abadi. 2020. “Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Di Jalan Raya Lumajang – Probolinggo Desa Kebonan Kec. Klakah Kab. Lumajang.” Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon 4(2): 49–59.
Rahman, Abdul. 2016. “Perencanaan Simpang Empat Bersinyal Pasar Lemabang Kota Palembang Dengan Program Simulasi Vissim.” Cantilever 5(2): 7–12.
Royan, Noto. 2015. “Analisa Perencanaan Traffic Light Di Persimpangan Bandara SMB II Palembang.” Jurnal Berkala Teknik 5(2): 837–55.
Simbolon, Alfrido Tondi. 2020. 8 Kaos Gl Dergisi “Evaluasi Durasi Lampu Lalu Lintas Pada Persimpangan Jalan Ring Road-Jalan Gatot Subroto Kota Medan(Studi Kasus).”
Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.