PENGARUH CORPORATE IMAGE, TRUST, WORD OF MOUTH DAN COMMUNICATION MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) CERME, GRESIK

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya PutraF
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
Abstract views: 668 , PDF downloads: 641

Abstract

Persaingan bank dalam pelayanan jasa banyak competitor yang ingin memperbaiki kesalahan yang sebelumnya. Corporate image, trust, word of mouth, dan communication marketing diduga mempunyai peran penting dan perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran dalam suatu perusahaan layanan jasa seperti  perbankan dan lembaga keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate image, trust, word of mouth, dan communication marketing terhadap customer satisfaction. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dari populasi 400 Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (persero) cerme, gresik. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitif dan teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda Y= 0,057 + 0,126 X1 + 0,892 X2 + 0,173 X3 + 0,444 X4 + 2,857. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan Corporate image, trust, word of mouth, dan communication marketing berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Secara parsial menunjukkan corporate image, word of mouth, dan communication marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction, sedangkan trust berpengaruh terhadap customer satisfaction. sebaiknya manajemen PT. Bank Negara Indonesia (persero) Cerme, Gresik memperhatikan Corporate image, trust, word of mouth, communication marketing, dan  customer satisfaction. Manajemen juga dapat memberikan pelayanan yang baik.

Kata kunci :   corporate image, trust, word of mouth,communication marketing, customer satisfaction
Published
2019-04-30
How to Cite
, , , , , , , & . (2019). PENGARUH CORPORATE IMAGE, TRUST, WORD OF MOUTH DAN COMMUNICATION MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) CERME, GRESIK. Develop, 3(1), 27-42. https://doi.org/10.25139/dev.v3i1.1526
Section
Articles