APAKAH MASYARAKAT DI PROPINSI JAWA BARAT MENIKMATI HASIL PERTUMBUHAN EKONOMI DI MASA PEMERINTAHAN JOKOWI PERIODE 1?

  • lumadya adi Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 387 , PDF downloads: 219
Keywords: eksploitasi ekonomi, indeks eksploitasi, pertumbuhan ekonomi, SLQ dan DLQ

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah pertama, untuk mencari sektor basis dan unbasis: kedua, untuk mengetahui apakah terjadi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan perkapita; ketiga, menjawab pertanyaan pertumbuhan ekonomi telah dinikmati mayoritas masyarakat di propinsi Jawa Barat. Alat analisis ada beberapa yaitu SLQ dan DLQ, tabel kuadran, indeks Eksploitasi. Hasil penelitian adalah pertama, tidak ada perubahan sektor basis pada tahun 2014 ke tahun 2018; kedua, ada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan PDRB perkapita namun ketimpangannya juga semakin lebar, ketiga, pertumbuhan ekonomi bisa dinikmati mayoritas masyarakat di propinsi Jawa Barat di era pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 1.

References

Mudrajad Kuncoro, 2019, Ekonomika Regional Teori dan Praktek, Buku.

Mudrajad Kuncoro dan Ahmad Nafis Idris, 2010, Mengapa terjadi Growth Without Development di provinsi Kalimantan Timur? Jurnal Ekonomi Pembangunan,Volume 11, Nomor 2, Desember 2010, halaman 172-190.
Pressman, S. 2002. Lima Puluh Pemikir Ekonomi Dunia, (terjemahan), Murai Kencana, Cetakan Kedua, Pebruari, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
BPS, Statistik Indonesia, pelbagai edisi.
BPS, Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka , pelbagai edisi.
BPS, Provinsi Banten Dalam Angka, pelbagai edisi.
BPS, Provinsi Jawa Barat Dalam Angka, pelbagai edisi.
BPS, Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka, pelbagai edisi.
BPS, Provinsi Jawa Timur Dalam Angka, pelbagai edisi.
BPS, Provinsi D.I. Jogjakarta Dalam Angka, pelbagai edisi.
Published
2021-04-01
How to Cite
adi lumadya. (2021). APAKAH MASYARAKAT DI PROPINSI JAWA BARAT MENIKMATI HASIL PERTUMBUHAN EKONOMI DI MASA PEMERINTAHAN JOKOWI PERIODE 1?. Develop, 5(1), 52-63. https://doi.org/10.25139/dev.v5i1.3695
Section
Articles