ANALISA TREN PEMANFAATAN CELEBRITY ENDORSEMENT: SEBUAH ULASAN LITERATUR SISTEMATIS

  • Vega Karina Andira Putri Universitas Multimedia Nusantara
  • Cendera Rizky Anugrah Bangun Universitas Multimedia Nusantara
  • Daniel Susilo Universitas Multimedia Nusantara
  • Agus Kustiwa Universitas Multimedia Nusantara
  • Ariel Barlian Obadyah Universitas Multimedia Nusantara
Abstrak views: 310 , PDF (English) downloads: 337

Abstrak

Ulasan literatur sistematis ini bertujuan untuk menganalisa penelitian-penelitian mengenai pemanfaatan Endorsement Marketing oleh selebriti. Data berasal dari beberapa sumber dari Crossref yang dikumpulkan antara tahun 2020 hingga 2022. Kata kunci yang digunakan antara lain “Social Media Marketing”,Endorsement Marketing”, dan “Celebrity Endorsement”. Dari proses pencarian ini ditemukan lima belas artikel yang berkaitan dengan topik. Hasil menunjukkan bahwa model daya tarik dan kredibilitas sumber menjadi model yang dipercaya oleh brand memberikan dampak efektif karena faktor penentu keberhasilan celebrity endorsement terdapat pada sumber atau penyampai pesan yaitu selebriti tersebut. Celebrity endorsement melalui akun media sosial selebriti semakin digemari sebagai salah satu strategi social media marketing karena membawa pengaruh sampai ke perilaku pembelian.

Kata kunci: social media marketing, endorsement, celebrity endorsement.

Diterbitkan
2023-09-04
Bagian
Articles